Pakde Karwo Imbau Para Peserta Gerak Jalan Mojosuro Tangkap Makna Perjuangan

Pakde Karwo Imbau Para Peserta Gerak Jalan Mojosuro Tangkap Makna Perjuangan Gubernur Jawa Timur Dr. H Soekarwo saat menyapa para peserta Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya yang diikuti belasan ribu orang.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Suroboyo (GJP Mojosuro) tahun 2018 diberangkatkan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Sabtu (1/12) sore dari Lapangan Raden Wijaya, Surodinawan, Kota Mojokerto.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati mewakili Plt. Walikota Mojokerto Suyitno mendampingi Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim, memberangkatkan peserta GJP Mojosuro 2018 bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto dan Walikota serta wakil walikota terpilih Ika Puspita Sari dan Ahmad Rizal Zakariyah.

Dalam sambutannya, Soekarwo menyampaikan, GJP Mojosuro bukan hanya sekadar gerak jalan tetapi sekaligus memahami nilai perjuangan yang ada pada 10 November 1945 dan sebelumnya, yaitu semangat untuk merdeka dan semangat untuk mempertahankan kemerdekaan. 

“Peserta diharapkan bisa menanamkan nilai-nilai perjuangan, tidak sekadar lelah di perjalanan,” imbau Pakde Karwo.

Kemajuan teknologi saat ini juga menjadi perhatian utama Soekarwo dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. "Agar teknologi bisa bermanfaat maka harus diperjuangkan oleh siapa saja terutama rumah tangga, anak-anak. Ibu dan ayah adalah guru utama dan pertama terhadap pendidikan perjuangan tersebut, maka dari rumahlah pendidikan nilai-nilai perjuangan itu dibangun,” tutur Soekarwo.

Gubernur Soekarwo juga berharap melalui GJP Mojosuro peserta bisa menangkap nilai-nilai perjuangan baru terutama terkait tentang nilai-nilai budaya dan bagaimana meningkatkan persatuan dan kesatuan. 

"Apabila ada permasalahan selesaikan secara musyawarah mufakat, karena itu adalah nilai lama yang luar biasa untuk solusi tanpa konflik," paparnya.

Mewakili Plt. Walikota Mojokerto Suyitno, Sekdakot Mojokerto Harlistyati menyampaikan penghargaan atas semangat dan partisipasi seluruh peserta Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro 2018, yang merupakan salah satu upaya mengenang jasa para pahlawan, meneladani semangat juang dan pengorbanan para pahlawan, sekaligus menjadi media untuk membangun kebersamaan.

"Kegiatan gerak jalan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi antar berbagai lapisan masyarakat dalam rangka menggalang kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan, yang merupakan aset terpenting dari sebuah bangsa,” ungkapnya.

GJP Mojosuro 2018 diikuti 11.500 orang peserta, terdiri dari 1.546 peserta perorangan, 429 regu kategori beregu umum, 34 regu kategori beregu pelajar dan 34 regu dari TNI/Polri. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO