Senin, 27 Mei 2019 02:58

Ditengarai Tabrak Aturan, Pemasangan TL Rp 7,5 M Kota Pasuruan Jalan Terus

Sabtu, 24 November 2018 11:24 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Supardi
Ditengarai Tabrak Aturan, Pemasangan TL Rp 7,5 M Kota Pasuruan Jalan Terus

PASURUAN, BANGSAONLINE.com – Meski ditengarai menabrak aturan, proyek pemasangan traffic light (TL) Kota Pasuruan senilai Rp 7,5 miliar jalan terus. Bahkan hingga kini pekerjaanya sudah mencapai 50 persen.

Walapun beberapa LSM Pasuruan, seperti Kompak, akan melaporkan ke polisi, BLP (Badan Layanan Pengadaan) Kota Pasuruan tetap menjalankan proyek itu.

Nyoman Suwasti Kepala BLP nampaknya kebal hukum. Dia tak gentar meski Kompak (Konsorsium Masyarakat Pasuruan Anti Korupsi) akan melapor ke Bareskrim Polda Jatim dan LKPP.

Lucky Danardono, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Pasuruan pada BANGSAONLINE.com mengatakan, dia sudah dua kali meminta bertemu dengan Kepala BLP namun tidak pernah bisa.

"Saya sudah dua kali minta waktu ketemu kabag BLP tidak ketemu, dinas luar. Tapi, dia (Nyoman Suwasti Kepala BLP) bilang CV KAP pernah mengerjakan proyek sejenis di Gorontalo Rp 2,5 miliar," kata Lucky.

Lucky menambahkan, meski ada LSM yang akan melaporkan proyek pemasangan TL ke Bareskrim dan LKPP, pengerjaan proyek tetap jalan dan saat ini sudah mencapai sekira 50 persen.

Kadishub berharap pelaksanaan proyek berjalan lancar dan tidak ada masalah. "Apalagi saat ini sejak Wali Kota kena OTT, kondisi Pemkot situasinya mengerikan. Hampir semua dinas dan rekanan dipanggil KPK," urai Lucky.

Diberitakan sebelumnya, persekongkolan dalam pelaksanaan tender proyek di Pemkot Pasuruan kembali mencuat. Indikasinya penyimpangan dan ketidaksesuaian kualifikasi rekanan dalam mengerjakan proyek traffic light (TL) senilai Rp 7,4 miliar. Pemenang tender harusnya memiliki sertifikasi badan usaha (SBU) dengan klasifikasi M1 atau M2 (proyek menengah). Namun CV KAP sebagai pemenang tender diketahui hanya memiliki klasifikasi SBU K1 (proyek kecil).

Terpisah, Lujeng Sudarto, Koordinator Kompak mengatakan, proyek tersebut sudah tidak memenuhi persyaratan primer. Karena itu Badan Layanan Pengadaan seharusnya menggugurkan dan melakukan retender.

Menurutnya, pemaksaan pemenang CV KAP yang tidak sesuai ketentuan hukum ini patut diduga telah terjadi tindakan persekongkolan pada proses pelelangan. Ini melengkapi tindakan menyimpang aparat BLP Kota Pasuruan yang saat ini menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus gratifikasi terhadap Wali Kota Pasuruan.

"Kami akan melaporkan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) atas dugaan pelanggaran BLP. Kami juga melaporkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memprioritaskan audit proyek yang nyata-nyata melanggar aturan," tandas Lujeng.

Kepala BLP Kota Pasuruan, Nyoman Swasti belum berhasil dikonfirmasi karena hingga kini masih kerap menjalani pemeriksaan di KPK. (par/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...