Hadiri Peringatan Maulid Nabi, Gus Ipul Kisahkan Kesabaran Rasulullah

Hadiri Peringatan Maulid Nabi, Gus Ipul Kisahkan Kesabaran Rasulullah Wagub Jatim Drs Saifullah Yusuf Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Islamic Centre Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, atau yang lebih dikenal maulid nabi menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan Rasulullah SAW kepada generasi penerus. 

“Kita kenalkan bagaimana sejarah kanjeng nabi, mulai lahir, tumbuh dewasa, menjalani hidup, ketauladannya, hingga beliau wafat. Ini agar anak-anak kita cinta dan meneladani beliau,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H Prov. Jatim Tahun 2018 di Gedung Islamic Center Surabaya, Kamis (22/11) malam.

, sapaan akrabnya mengatakan, dengan mengenal Rasulullah SAW, diharapkan bangsa ini terus memiliki generasi yang mencintai, mengenang dan meneladani sosok Rasul akhir zaman.

"Sangat banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari kisah hidup maupun sosok Nabi Muhammad SAW. Salah satunya, bagaimana beliau menghadapi permasalahan dengan penuh kesabaran, mengutamakan dialog dan musyawarah. Namun jika lawan yang dihadapi masih bersikeras, maka dengan terpaksa beliau berperang," terangnya.

Jadi perang itu, lanjut , jika keadaan sudah sangat terpaksa. Contohnya ada perjanjian yang diingkari, ada orang yang semaunya sendiri, tidak mau diajak dialog baik-baik. Baru kemudian Rasulullah SAW mengangkat pedangnya untuk berperang.

"Kesabaran Rasulullah SAW sampai-sampai membuat para sahabat jengkel. Sebab tak jarang Rasulullah SAW mendapat perlakuan kasar dari lawannya. Meski diperlakukan kasar, Rasulullah SAW tetap menghadapinya dengan sabar dan malah membuka dialog yang lebih luas kepada lawannya. Salah satu contohnya adalah Perjanjian Hudaibiyyah yang terjadi pada Tahun 628 M (Dzulqa'dah, 6 H)," cerita .

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO