Fraksi PKB Gandeng Disperinaker Bangkalan Gelar Pelatihan Lukis Kain Batik

Fraksi PKB Gandeng Disperinaker Bangkalan Gelar Pelatihan Lukis Kain Batik

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Fraksi PKB menggandeng Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menggelar pelatihan lukis kain. Acara digelar untuk pengembangan dan pelatihan teknologi industri di Aula Disperinaker jalan Halim Perdana Kusuma nomor 5 Bangkalan, Jumat (23/11).

Kepala Disperinaker, Dra R Amina Rachmawati mengatakan, pelatihan merupakan upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bangkalan dari sektor UMKM. "Kegiatan ini juga agar membangkitkan ekonomi kreatif Bangkalan terus tumbuh dan maju," kata Amina Rachmawati.

Pelatihan lukis ini melahirkan corak baru. Bahannya khusus didatangkan dari Jepang, namun tidak meninggalkan muatan lokal.

Pemateri, Ir. Abd Rofik di hadapan peserta menjelaskan, anak muda saat ini harus sigap mengambil peran di kondisi yang serba cepat. Anak muda Bangkalan perlu diberdayakan untuk ikut terlibat menyelamatkan warisan leluhur. Keterampilan pengetahuan seni batik harus dikembangkan agar batik mengalami lompatan ke depan.

"Jangan sampai peserta berpikir seni batik dipandang tradisional. Kegiatan ini bagian dari meningkatkan UMKM Bangkalan yang betul-betul bermuatan lokal, jangan sampai waris batik leluhur kita punah," papar dia.

Rofik menjelaskan, sejarah batik Bangkalan dengan batik Pekalongan sudah terjalin sejak 200 tahun yang lalu. Batik Bangkalan memiliki potensi yang lebih identik dengan warna-warna tajam. Warna tajam dan corak yang ada pada batik Bangkalan sebagai simbol jiwa seni dan sikap terbuka dan berani seperti yang ada pada batik Tanjung Bumi, warna merah yang ada pada batik gentongan. (uzi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO