Kali Porong Semakin Dangkal Sejak jadi Jalur Pembuangan Lumpur Lapindo, Warga Khawatir Banjir

Kali Porong Semakin Dangkal Sejak jadi Jalur Pembuangan Lumpur Lapindo, Warga Khawatir Banjir Kondisi Kali Porong yang semakin mengalami pendangkalan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com merupakan percabangan dari Kali Brantas yang berhulu dari Mojokerto, mengalir dan bermuara ke timur ke selat Jawa. Sejak munculnya semburan lumpur Sidoarjo, pemerintah telah menetapkan sebagai pembuangan lumpur Sidoarjo untuk selanjutnya dibuang menuju ke laut.

Namun hal tersebut ternyata membawa dampak lingkungan yang kini dirasakan oleh warga sekitar . Di antaranya yakni buruknya air pada tambak-tambak warga dan yang kini tengah terjadi yakni pendangkalan dikarenakan sedimentasi lumpur yang cukup tebal sehingga mengganggu aliran air di kali Porong. Warga di sekitar bantaran saat ini merasa khawatir mengingat sebentar lagi akan memasuki musim penghujan.

Mursid, salah satu warga Desa Permisan, Kecamatan Jabon merasa khawatir karena letak desanya berbatasan langsung dengan . Dirinya bersama warga yang lain takut jika nanti air kali Porong sedang tinggi volumenya, air akan meluap dan menggenangi desanya.

"Melihat secara langsung kondisi seperti ini, warga sekitar bantaran khusus di Kecamatan Jabon dan Porong khawatir," kata Mursid (32) warga Desa Permisan Kecamatan Jabon Sidoarjo, Rabu (17/10).

Mursid mengaku, sebelum ini dijadikan tempat pembuangan semburan lumpur Sidoarjo, kondisi airnya sangat jernih dan bisa dibuat mandi warga sekitar saat musim kemarau seperti ini. Namun saat ini kondisi airnya tidak layak, bahkan sangat keruh sekali.

"Dengan kondisi sekarang yang mengalami pendangkalan seperti ini, pada saat musim penghujan, dikawatirkan airnya meluber," ungkap Mursid.

Lihat juga video 'HOAX! Bukan Tanggul Lumpur Lapindo yang Jebol tapi Pipa PDAM di Jalan Raya Porong':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO