Kamis, 27 Februari 2020 18:24

Gus Ipul Disarankan Segera Ambil Sikap di Pilpres

Senin, 08 Oktober 2018 23:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Gus Ipul Disarankan Segera Ambil Sikap di Pilpres
Satuham Akbar (kanan) dalam suatu kegiatan bersama Gus Ipul. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur tidak bisa lepas dari sosok Saifullah Yusuf. Ketokohan Wakil Gubernur Jatim itu patut diperhitungkan, sekalipun pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut kalah dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jatim oleh Khofifah Indar Parawansa. Namun pengaruhnya yang besar di kalangan Nahdliyin dan Kiai Khos membuat Ketua PBNU itu punya kapasitas sebagai vote getter dalam kontestasi pilpres 2019.

Fakta itu diamini Satuham Akbar, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Orang dekat Gus Ipul ini berharap mantan Ketua Umum GP Ansor dua periode itu segera mengambil sikap politik terkait Pilpres 2019. Satuham berharap Gus Ipul segera memutuskan sikap mendukung Jokowi atau Prabowo.

"Saya sebagai sahabat, menyarankan agar Gus Ipul segera bersikap dengan menentukan pilihan, dukung Jokowi atau Prabowo. Karena banyak orang yang menunggu sikap politik dari Gus Ipul," tutur Satuham, Senin (8/10).

Mantan Wakil Ketua DPC PKB Kota Surabaya ini mengingatkan, di belakang Gus Ipul ada 9 juta lebih orang yang memilih beliau saat pilgub lalu. Karena itu banyak orang yang menunggu sikap politik Gus Ipul di pilpres 2019 untuk mereka ikuti, termasuk dirinya.

Satuham mengaku dirinya salah satu di antara orang yang menunggu sikap politik Gus Ipul. Karena, ia adalah pendukung Gus Ipul saat pilgub lalu. Bahkan bisa dibilang Gus Ipul adalah patron dirinya.

"Gus Ipul itu patron saya, panutan bagi saya. Mungkin juga bagi banyak orang. Karena itu, sikap beliau ditunggu banyak orang," ujar pria berdarah Madura ini.

Ketua DPW Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jawa Timur itu menambahkan, saat ini hampir semua tokoh di Jawa Timur sudah menentukan pilihan. Mulai mantan Gubernur Jatim, Imam Utomo hingga Gubernur Jatim Soekarwo. Demikian pula dengan Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Jatim terpilih, Emil Dardak. Semuanya memilih mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Satuham mengakui saat ini Gus Ipul sedang fokus dengan gerakan #2019PilpresCeria. Namun menurutnya itu adalah gerakan moral. Sementara pilpres adalah agenda politik, sehingga harus disikapi secara politik.

"Saya dengar tidak lama lagi Gus Ipul menentukan sikap mendukung salah satu pasangan calon. Tentunya pasti beliau berkonsultasi dahulu dengan para kiai khos," pungkasnya. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...