Rabu, 12 Agustus 2020 05:24

Sidak ke Lapas, Komisi A DPRD Lamongan Disambati Kondisi Kamar Overload

Selasa, 25 September 2018 20:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Sidak ke Lapas,  Komisi A DPRD Lamongan Disambati Kondisi Kamar Overload
Rombongan Komisi A DPRD Lamongan saat sidak di Lapas.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi A DPRD Lamongan mengaku prihatin melihat kondisi Lapas kelas I B di Lamongan. Selain penghuninya melebihi kapasitas atau overload, ternyata problem lain seperti kebutuhan air bersih juga menjadi temuan saat sidak, Selasa (25/9).

"Tadi saya dan teman-teman keliling lihat kamar per bloknya, memang sudah tidak layak karena kamarnya kecil penghuninya 10 sampai 25 bahkan bisa lebih," terang Wakil Ketua Komisi A, Anshori.

Menurut Anshori yang juga didampingi Ketua Komisi A Ning Darwati, Nur Hasyim, Kadam Mustoko (Anggota), pihaknya akan mensinergikan temuan dengan pemerintah daerah. 

"Saya selain ingin mengetahui pengamanan dan pelayanan terhadap para tahanan, kami juga melakukan diskusi banyak, apa yang bisa disinergikan dengan Kabupaten Lamongan, karena ini lembaga vertikal," akuinya.

Terkait kebutuhan air bersih di musim kemarau ini, Anshori menyatakan bahwa dewan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk membangunkan sumur bor. Diharapkan dengan adanya sumur bor ini, nantinya kebutuhan akan air bersih bisa tercukupi dan maksimal.

Sementara Kalapas Ingnatius Gunaidi membenarkan kalau kebutuhan air memang terkadang masih kurang, seiring dengan sumber mata air yang sudah berkurang pada musim kemarau saat ini. Di Lapas sendiri sebenarnya sudah ada sumur bor bantuan dari pemerintah daerah, hanya saja titik sumur bor itu kebetulan tidak besar sumbernya.

"Ya tentu kami sangat senang, apalagi sampai dibantu oleh teman-teman dewan mengkomunikasikan dengan pemerintah daerah," terangnya.

Soal overload, lanjut Ingnatius, memang benar adanya. Hanya saja oberload ini tidak hanya di Lapasnya saja, tapi Lapas se-Jawa Timur saat ini memang overload. "Memang idealnya jumlah penghuni 205 tahanan sesuai kapasitas, tapi untuk Lapas Lamongan penghuninya 644 tahanan, jadi memang overload," katanya. (qom/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...