Minggu, 20 Oktober 2019 08:45

Sidak ke Lapas, Komisi A DPRD Lamongan Disambati Kondisi Kamar Overload

Selasa, 25 September 2018 20:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Sidak ke Lapas,  Komisi A DPRD Lamongan Disambati Kondisi Kamar Overload
Rombongan Komisi A DPRD Lamongan saat sidak di Lapas.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi A DPRD Lamongan mengaku prihatin melihat kondisi Lapas kelas I B di Lamongan. Selain penghuninya melebihi kapasitas atau overload, ternyata problem lain seperti kebutuhan air bersih juga menjadi temuan saat sidak, Selasa (25/9).

"Tadi saya dan teman-teman keliling lihat kamar per bloknya, memang sudah tidak layak karena kamarnya kecil penghuninya 10 sampai 25 bahkan bisa lebih," terang Wakil Ketua Komisi A, Anshori.

Menurut Anshori yang juga didampingi Ketua Komisi A Ning Darwati, Nur Hasyim, Kadam Mustoko (Anggota), pihaknya akan mensinergikan temuan dengan pemerintah daerah. 

"Saya selain ingin mengetahui pengamanan dan pelayanan terhadap para tahanan, kami juga melakukan diskusi banyak, apa yang bisa disinergikan dengan Kabupaten Lamongan, karena ini lembaga vertikal," akuinya.

Terkait kebutuhan air bersih di musim kemarau ini, Anshori menyatakan bahwa dewan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk membangunkan sumur bor. Diharapkan dengan adanya sumur bor ini, nantinya kebutuhan akan air bersih bisa tercukupi dan maksimal.

Sementara Kalapas Ingnatius Gunaidi membenarkan kalau kebutuhan air memang terkadang masih kurang, seiring dengan sumber mata air yang sudah berkurang pada musim kemarau saat ini. Di Lapas sendiri sebenarnya sudah ada sumur bor bantuan dari pemerintah daerah, hanya saja titik sumur bor itu kebetulan tidak besar sumbernya.

"Ya tentu kami sangat senang, apalagi sampai dibantu oleh teman-teman dewan mengkomunikasikan dengan pemerintah daerah," terangnya.

Soal overload, lanjut Ingnatius, memang benar adanya. Hanya saja oberload ini tidak hanya di Lapasnya saja, tapi Lapas se-Jawa Timur saat ini memang overload. "Memang idealnya jumlah penghuni 205 tahanan sesuai kapasitas, tapi untuk Lapas Lamongan penghuninya 644 tahanan, jadi memang overload," katanya. (qom/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...