Jumat, 23 Agustus 2019 09:05

Sidak ke Lapas, Komisi A DPRD Lamongan Disambati Kondisi Kamar Overload

Selasa, 25 September 2018 20:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Sidak ke Lapas,  Komisi A DPRD Lamongan Disambati Kondisi Kamar Overload
Rombongan Komisi A DPRD Lamongan saat sidak di Lapas.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi A DPRD Lamongan mengaku prihatin melihat kondisi Lapas kelas I B di Lamongan. Selain penghuninya melebihi kapasitas atau overload, ternyata problem lain seperti kebutuhan air bersih juga menjadi temuan saat sidak, Selasa (25/9).

"Tadi saya dan teman-teman keliling lihat kamar per bloknya, memang sudah tidak layak karena kamarnya kecil penghuninya 10 sampai 25 bahkan bisa lebih," terang Wakil Ketua Komisi A, Anshori.

Menurut Anshori yang juga didampingi Ketua Komisi A Ning Darwati, Nur Hasyim, Kadam Mustoko (Anggota), pihaknya akan mensinergikan temuan dengan pemerintah daerah. 

"Saya selain ingin mengetahui pengamanan dan pelayanan terhadap para tahanan, kami juga melakukan diskusi banyak, apa yang bisa disinergikan dengan Kabupaten Lamongan, karena ini lembaga vertikal," akuinya.

Terkait kebutuhan air bersih di musim kemarau ini, Anshori menyatakan bahwa dewan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk membangunkan sumur bor. Diharapkan dengan adanya sumur bor ini, nantinya kebutuhan akan air bersih bisa tercukupi dan maksimal.

Sementara Kalapas Ingnatius Gunaidi membenarkan kalau kebutuhan air memang terkadang masih kurang, seiring dengan sumber mata air yang sudah berkurang pada musim kemarau saat ini. Di Lapas sendiri sebenarnya sudah ada sumur bor bantuan dari pemerintah daerah, hanya saja titik sumur bor itu kebetulan tidak besar sumbernya.

"Ya tentu kami sangat senang, apalagi sampai dibantu oleh teman-teman dewan mengkomunikasikan dengan pemerintah daerah," terangnya.

Soal overload, lanjut Ingnatius, memang benar adanya. Hanya saja oberload ini tidak hanya di Lapasnya saja, tapi Lapas se-Jawa Timur saat ini memang overload. "Memang idealnya jumlah penghuni 205 tahanan sesuai kapasitas, tapi untuk Lapas Lamongan penghuninya 644 tahanan, jadi memang overload," katanya. (qom/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...