Bebaskan Talang Siring dari Sampah Plastik, Rutin Digunakan Acara WCD

Bebaskan Talang Siring dari Sampah Plastik, Rutin Digunakan Acara WCD

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Peringatan hari bersih sampah sedunia atau World Cleanup Day (WCD) di Kabupaten Pamekasan digunakan sebagai momen untuk bersih-bersih sampah plastik yang banyak bertebaran di area pantai Talang Siring Desa Montok Kecamatan Larangan. Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur, Sabtu (15/09) pagi.

Kegiatan WCD dilaksanakan serentak di 144 negara. Di Indonesia diikuti sebanyak 46 daerah dan diikuti lebih 600 relawan yang melibatkan instansi pemerintah mulai tingkat desa, camat, TNI, Polri, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, siswa dari berbagai sekolah serta relawan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Bahkan istri bupati Sumenep Nurfitriana Busyro Karim dalam kegiatan tersebut menyemangati relawan.

Yoyonk ketua panitia bersih-bersih pantai ini menuturkan, kegiatan ini bagian dari WCD yang dilaksanakan pertama kali serentak diseluruh dunia. Dia berharap dengan kegiatan bisa menghilangkan anggapan orang Madura tidak peduli kepada lingkungan dan suka membuang sampah sembarang.

"Jadi mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan dan bisa menjaga kebersihan serta berjanji kepada diri sendiri untuk mengurangi sampah plastik," harapnya.

Sedangkan Nurfitriana Busyro Karim sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini dan banyaknya para relawan yang pastinya masih peduli terhadap lingkungan.

"Kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan , terutama laut kita," tuturnya bersemangat saat ikut memungut sampah plastik yang berserakan di pantai talang Siring.

"Laut jangan dijadikan tempat sampah, sehingga biota-biota laut, tumbuh-tumbuhan juga ikan-ikan dapat hidup dengan semestinya," tuturnya Istri dari bupati Sumenep tersebut.

Sedangkan dari Pemkab Pamekasan yang diwakili Asisten Administrasi umum Yudistinah sangat mendukung kegiatan bersih-bersih di pantai talang Siring ini,

"Ini merupakan awal yang baik, dan pemkab akan menindak lanjuti kegiatan seperti ini karena semua ini untuk kepentingan dilingkungan masyarakat Pamekasan, juga Madura bahkan Indonesia," pungkasnya. (err/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO