Senin, 23 September 2019 14:55

Diresmikan 22 Oktober, GMSC Dipaksa Beroperasi Meski Baru Setengah Jadi

Senin, 27 Agustus 2018 14:45 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Diresmikan 22 Oktober, GMSC Dipaksa Beroperasi Meski Baru Setengah Jadi
Sekdakot Harlistyati bersama Wakapolres Mojokerto Kota memimpin rapat koordinasi pemanfaatan GMSC. ft: yudi/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkot Mojokerto menggeber pemanfaatan gedung pelayanan satu atap Graha Mojokerto Service City (GMSC), kendati baru separuh jadi. Gedung baru yang menyedot tiga tahun APBD senilai kurang lebih Rp 40 miliar tersebut menyisakan sejumlah kekurangan utility, lift, dan eskalator, namun dipaksa digunakan 22 Oktober 2018 tahun ini.

"Gedung ini akan kami manfaatkan untuk pelayanan sementara. Jadi tanggal 15 Oktober nanti dalam taraf persiapan, dan tanggal 22 Oktober masuk peresmian," papar Sekdakot Mojokerto, Harlistyati, ditemui usai memimpin rapat koordinasi penempatan GMSC, Senin (27/8).

Tak kunjung tuntasnya gedung yang berdiri di atas lahan eks RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo itu membuat Pemkot gusar. Alih-alih segera dimanfaatkan, Harlistyati langsung memimpin pemanfaatan GMSC. Bersama Wakapolres Mojokerto Kota, kepala OPD pelayanan, DPUPR, dan bank, Harlis memimpin rakor tersebut.

Pihak Pemkot bahkan telah memploting ruangan yang ada menjadi 10 konter di lantai dasar. Lantai II diperuntukkan bagi kantor Dispenduk serta kantor Perizinan. Namun demikian, lantai II ini masih menyisakan ruangan kosong lantaran luasnya lahan.

"Kantor yang kosong di lantai II kita inventarisasi dulu, namun kita masih memikirkannya bagi Diskominfo dan Panwas yang belum mempunyai kantor," ungkap Harlis.

Mantan Kepala Bappeko ini juga belum menjelaskan konsep penggunaan lahan yang ada. "Soal nantinya pengguna harus sewa atau tidak kita masih memikirkannya, SOP-nya seperti apa. Yang penting pelayanan masyarakat bisa terlayani," imbuhnya.

Ia juga meminta agar konter pengguna meneliti apa kekurangan yang ada. "Seperti jaringan atau apa, air, listrik, instalasi jaringan biar diinvestarisir, nanti kita serahkan ke PU untuk melengkapinya," pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mojokerto Mashudi mengatakan akan berusaha merampungkan kebutuhan yang ada sebelum diresmikan.

"Sebelum peresmian kita upayakan sudah selesai. Soal air sudah ada, tapi terkendala listrik untuk mengalirkan airnya. Dan akhir bulan ini kami akan mengadakan Testing Commisioning untuk memastikan kesiapan hasil pekerjaan dengan pihak ketiga," katanya.

Nantinya, lanjutnya, setiap konter bisa menggunakan AC portable untuk sementara karena listriknya siap sambil menunggu AC sentral. "Gedung ini kan kurang lift dan eskalator, namun untuk itu sudah ada pemenangnya. Segera dikerjakan tahun ini," tandasnya.

Sekadar diketahui, ada 10 OPD yang akan menempati gedung ini. Di antaranya, BPN, BPJS Tenaga Kerja, BPPKA, Bank Jatim, Kantor Pajak Pratama, BPRS, Imigrasi, Dekranasda, Haji dan Umroh, dan Samsat Corner serta BRI. (yep/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Senin, 23 September 2019 13:14 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. Inna ‘ibaadii laysa laka ‘alayhim sulthaanun wakafaa birabbika wakiilaan“Sesungguhnya (terhadap) hamba-hamba-Ku, engkau (Iblis) tidaklah dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...