Satgas Mulitilateral Exercise Kakadu 2018 KRI Diponegoro Tiba di Kupang NTT

Satgas Mulitilateral Exercise Kakadu 2018 KRI Diponegoro Tiba di Kupang NTT KRI Diponegoro-365 saat mengarungi lautan.

KUPANG, BANGSAONLINE.com - Setelah menempuh perjalanan 2 hari dengan jarak 723 NM dan cepat 15 knot dari Pangkalan , Satuan Tugas (Satgas) Multilateral Exercise Kakadu 2018 KRI Diponegoro-365, tiba di dermaga Mako Lantamal VII Kupang, NTT, Minggu (26/8/2018).

Kedatangan KRI DPN- 365 yang dikomandani Letkol Laut (P) Aminuddin Albek itu disambut Kadisharkan Lantamal VII Kupang Letkol Laut (T) Robby A didampingi Pabanops Letkol Laut (P) Jarot Wibisono beserta perwira staf. 

Aminuddin menjelaskan, selama perjalanan atau lintas laut (Linla) dari Surabaya menuju Kupang KRI Diponegoro-365 yang keberangkatannya dilepas oleh Kepala Staf Koarmada Il Laksma TNI I N.G Sudihartawan, S.Pi., M.M., beserta Para Asisten Pangkoarmada II di Dermaga Madura Tengah , melaksanakan serial-serial latihan.

"Di antaranya latihan peran melewati medan ranjau, peran peperangan anti udara dan peperangan permukaan, peran penyelamatan kapal dari bahaya kebakaran dan kebocoran manuver taktis tanpa gerakan, latihan laporan sergapan permukaan, latihan isyarat bendera dan isyarat lampu," jelas perwira yang sekaligus menjabat Dansatgas Multilateral Exercise Kakadu 2018 ini.

Kedatangan KRI Diponegoro-365 di Mako Lantamal VIll Kupang, kata Aminuddin, adalah untuk melaksanakan bekal ulang BBM dan air tawar untuk kebutuhan kapal pada saat akan bertolak ke Darwin Australia. 

Dansatgas mengungkapkan, tujuan diadakannya latihan bersama Kakadu ini untuk meningkatkan kerja sama militer di bidang latihan bersama antara TNI AL dengan Royal Australian Navy (RAN) dan Angkatan Laut negara-negara kawasan Asia Pasifik.

"Dalam rangka mengasah kemampuan serta menambah pengalaman berlatih dengan Angkatan Laut negara asing guna mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut," ungkapnya. (*/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO