Korsleting Listrik, Rumah di Plumpang Terbakar

Korsleting Listrik, Rumah di Plumpang Terbakar Kondisi rumah Hartatik usai terbakar.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Akibat korsleting listrik, sebuah rumah milik Hartatik di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban yang sebagian besar terbuat dari kayu ludes terbakar, pada Minggu (26/8) sore.

Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 15.15 WIB saat pemiliknya sedang keluar. Dugaan besar pemicunya adalah korsleting listrik. Sebab, warga setempat pertama kali mengetahui sumber api dari dalam rumah.

"Beruntung dalam kejadian itu tidak sampai ada korban jiwa yang meninggal dunia maupun luka-luka," kata Joko.

Ia menceritakan, bahwa warga langsung memutus kabel dan mencoba memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya agar kebakaran tidak menjalar ke rumah warga lainnya. Namun, upaya itu belum berhasil, sebab api semakin membesar lantaran sebagian besar rumah terbuat dari kayu.

"Mengatahui api semakin membesar, kemudian warga menghubungi Polsek setempat dan diteruskan ke BPBD Tuban. Mengetahui informasi kebakaran, petugas langsung ke TPK guna memadamkan api. Hasilnya, tidak kurang dari satu jam api berhasil dipadamkan," terang mantan Camat Grabagan itu.

Akibat peristiwa ini, pemilik rumah mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

"Kami imbau pada masyarakat Tuban agar waspada terhadap kebakaran rumah. Usahakan seluruh stop kontak dimatikan jika akan keluar rumah atau berpergian," pesan Joko. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO