Senin, 19 November 2018 04:46

Emil Janji Beri Perhatian Besar Terhadap Pendidikan di Pondok Pesantren

Selasa, 31 Juli 2018 19:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Emil Janji Beri Perhatian Besar Terhadap Pendidikan di Pondok Pesantren
Emil Elestianto Dardak (dua dari kanan), bersama KH. Robbach Ma'sum (dua dari kiri) dan KH. Irsyadul Ibad Zarohim (baju hijau). foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Cawagub Jatim terpilih Emil Elestianto Dardak berjanji akan memberikan perhatian besar terhadap sekolah swasta selain sekolah negeri yang selama ini menjadi kewajiban pemerintah.

Hal ini dikatakan Emil saat menghadiri tasyakuran di Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Aswaja (Buwas) yang diasuh KH. Irsyadul Ibad Zarohim di Desa Wonokerto Kecamatan Dukun, Selasa (31/7/2018) petang.

Menurut Emil, perhatian lebih terhadap lembaga pendidikan swasta diperlukan, karena jumlah di Jawa Timur sangat banyak, baik yang berada di lingkungan pondok pesantren (Ponpes), yayasan, dan maupun berbentuk lembaga pendidikan lain.

Selama ini, ia menilai pengalokasian anggaran dari pemerintah untuk sekolah swasta masih kalah jauh dengan pendidikan negeri yang menjadi wewenang pemerintah provinsi. Padahal, pendidikan seperti pesantren telah banyak mencetak generasi-generasi handal.

"Untuk itu, saya dan Bu Khofifah Indar Parawansa (Cagub terpilih) akan konsen memberikan prioritas dalam memberikan perhatian terhadap kemajuan pendidikan swasta. Ini sesuai dengan program Nawa Bhakti Satya, 9 program unggulan kami berdua," papar Bupati Trenggalek ini.

Ia berharap, ke depannya kualitas pendidikan di Ponpes bisa lebih ditingkatkan dengan adanya bantuan anggaran dari pemerintah. "Saya minta setiap bantuan yang masuk ke pesantren, lembaga pendidikan swasta, bisa bermanfaat untuk pengembangan kualitas pendidikan di sana," pintanya.

Emil juga meminta agar lembaga-lembaga pendidikan swasta membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkualitas. "Sehingga, setelah siswanya lulus dan tak meneruskan kuliah, mereka siap kerja," terangnya.

Pada kesempatan ini, Emil juga menyinggung banyaknya industri yang beridiri di Kabupaten Gresik. Ia mengajak masyarakat Gresik agar tidak hanya menjadi penonton. "Masyarakat Gresik harus terlibat," pungkasnya.

Sementara KH. Irsyadul Ibad Zarohim mengaku sangat mendukung konsep Khofifah-Emil yang berencana menguatkan sektor pendidikan swasta. "Tentu sebagai pengelola lembaga pendidikan kami sangat berterima kasih atas perhatian dan support Bu Khofifah-Emil terhadap kemajuan pendidikan swasta," katanya.

Turut teresebut turut dihadiri kiai sepuh Gresik KH. Robbach Ma'sum, para Bacaleg partai pendukung Khofifah-Emil, tim sukses, dan sejumlah tokoh masyarakat. (hud/rev)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Minggu, 18 November 2018 03:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wayad’u al-insaanu bialsysyarri du’aa-ahu bialkhayri wakaana al-insaanu ‘ajuulaan (11).Ayat studi ini mengingatkan, betapa watak dasar manusia itu tak sabaran, maunya segera terwujud ap...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...