AKP Wahyu Norman Hidayat, Kasatreskrim Baru Polres Lamongan, Bertekad Berantas Kriminalitas

AKP Wahyu Norman Hidayat, Kasatreskrim Baru Polres Lamongan, Bertekad Berantas Kriminalitas AKP Wahyu Norman Hidayat.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai pejabat baru di jajaran Polres Lamongan, Kasatreskrim Polres AKP Wahyu Norman Hidayat bertekad berupaya menjaga wilayah kota Tahu Campur ini dari kejahatan konvensional jalanan.

“Dalam menanggulangi kasus kejahatan konvensional dan kejahatan lainnya, kita mengambil dua langkah, yaitu upaya Preventif dan Represif,” ujarnya kepada wartawan saat acara media darling antara Satreskrim Polres Lamongan dan jurnalis.Lamongan, Rabu (25/7) malam.

Untuk upaya preventif, Norman mengatakan akan menyasar anak-anak. Pasalnya ia melihat beberapa fenomena kasus di mana pelakunya kebanyakan masih anak-anak. Karena itu, ia mengaku akan melakukan pendekatan langsung bekerjasama dengan anggota Bhabinkamtibmas .

“Kasus yang pernah kita tangani seperti kejahatan jalanan, rata-rata pelakunya masih berusia remaja. Dalam mengantisipasi hal serupa, anggota bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas yang ada di lingkungan untuk melakukan pendekatan khusus ke anak yang ada di lingkungan sekaligus memberikan pesan kamtibmas,” kata mantan Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo ini.

Sedangkan langkah represif, kata dia, merupakan upaya terakhir  berupa penindakan langsung sebagai syok terapis.

“Untuk beberapa lokasi dikategorikan rawan akan dibentuk Kring Serse. Lalu peningkatan patroli gabungan skala besar di lokasi banyak kejadian dan mematenkan Kring Serse yang ada di wilayah,” tambahnya.

Selain itu, Norman berharap peran serta masyarakat agar membantu petugas di lapangan untuk memberikan segala informasi terkait gangguan kamtibmas agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat.

“Dengan menjadikan polisi bagi dirinya sendiri, bisa menumbuhkan rasa kepedulian menjaga lingkungan tetap aman dan kondusif. Lalu galakkan Pamswakarsa dengan menggerakan sistem pengamanan siskamling di lingkungan,” ujarnya.

Sementara perwakilan jurnalis, Imron Rosidi mengaku senang dengan acara yang digelar Satreskrim Polres Lamongan. "Mewakili teman -teman media, semoga acara ini berlanjut pada kemitraan saat menjalankan tugas masing-masing dan saling bersinergi," pungkasnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO