Petrokimia Terus Memacu Kinerja di Tengah Tantangan Bisnis yang Kompetitif

Petrokimia Terus Memacu Kinerja di Tengah Tantangan Bisnis yang Kompetitif Dirut PG Nugroho Christijanto menyerahkan penghargaan kepada karyawan dengan masa kerja lebih dari 10 tahun.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Petrokimia Gresik (PG) anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) genap berusia 46 tahun.

Dimulai dari tahun 1972 dengan 2 pabrik berkapasitas produksi 39 ribu ton/tahun, hingga kini bertransformasi menjadi produsen pupuk terlengkap di Indonesia dengan jumlah 29 pabrik berkapasitas 7,7 juta ton/tahun (pupuk dan non-pupuk).

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto mengungkapkan, bahwa perusahaan akan terus bertransformasi, beradaptasi, serta berkembang sesuai dengan tantangan dan peluang bisnis. Arah pengembangan PG pun tidak sekadar mendukung sektor pertanian dan pangan, namun bertekad untuk memberikan solusi bagi sektor agroindustri di Indonesia.

"Alhamdulillah, di usia ke-46 tahun perusahan secara umum masih memiliki kinerja yang cukup baik walaupun di tengah kondisi dan tantangan ekonomi global yang cukup sulit," ujarnya, Selasa (10/7/2018).

Ia mengakui, dinamika perekonomian global serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap US dollar, bahkan hingga saat ini, menjadi hambatan utama yang turut mengiringi perjalanan PG dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini cukup mempengaruhi operasional perusahaan mengingat sebagian besar bahan baku PG merupakan barang impor. "Namun dengan kesatuan tekad, perencanaan yang matang, serta berbagai program efisiensi dan mitigasi terhadap sejumlah risiko signifikan terhadap bisnis, kita mampu menutup tahun 2017 dengan capaian yang cukup baik," paparnya.

Berbagai capaian dalam satu tahun terakhir pun diakui oleh berbagai pihak melalui serangkaian penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini membuktikan kemampuan adaptasi yang tinggi dan ketangkasan PG terhadap kondisi perekonomian global.

Capaian ini pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Terbukti, selama tahun 2017 perusahaan tercatat menerima 107 penghargaan. 55 di antaranya adalah penghargaan tingkat internasional dan 52 penghargaan Iainnya di tingkat nasional.

Sementara tahun ini, perusahaan mendapat kepercayaan pemerintah melalui PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk menyalurkan pupuk bersubsidi sebesar 5,17 juta ton (dan alokasi nasional yang mencapai 9,55 juta ton).

Hingga saat ini, PG telah menyalurkan 2,51 juta ton atau 48 persen dari alokasi 5,17 juta ton tanggung jawab PG.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO