Aplikasi Silon Angin-Anginan, Sejumlah Parpol Kesulitan Input Data Bakal Caleg

Aplikasi Silon Angin-Anginan, Sejumlah Parpol Kesulitan Input Data Bakal Caleg Sekretariat pokja pencalonan, Sekretariat KPU Pacitan masih tampak sepi. Foto: yuniardi sutondo/HARIAN BANGSA

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Aplikasi sistem informasi pencalonan (silon) yang masih anginan-anginan membuat sejumlah partai politik (parpol) peserta pemilu kesulitan melakukan input data bagi para bakal calon anggota legislatif. Tak ayal, hingga hari ketiga dibukanya pendaftaran bakal calon wakil rakyat, pokja pencalonan Sekretariat masih sepi pendaftar.

Ketua pokja pencalonan Sekretariat , Yayuk Susilowati, membenarkan jika belum ada satupun parpol yang mendaftarkan bakal calegnya. Persoalan tersebut lebih disebabkan aplikasi silon yang sulit diakses.

"Mungkin ada gangguan server sehingga aplikasi sulit diakses. Merunut informasi dari KPU RI, saat ini masih dilakukan update fitur aplikasi, sehingga masih sulit untuk dibuka. Apalagi melakukan input data," ujarnya, Jumat (6/7).

Susi juga mengungkapkan, selama tiga hari sejak dibukanya pendaftaran, baru ada lima parpol yang datang ke sekretariat pokja pencalonan guna meminta penjelasan dan konsultasi soal sistem pencalonan. Utamanya mereka menanyakan persoalan surat pernyataan terdaftar sebagai pemilih bagi bakal calon anggota legislatif. Kelima parpol tersebut seperti adalah Partai Demokrat, Gerindra, PBB, PDIP, serta Hanura.

"Mereka kebanyakan menanyakan soal surat pernyataan terdaftar sebagai pemilih yang dikeluarkan oleh PPS sesuai alamat tempat tinggal bakal calon," jelasnya pada pewarta.

Sementara itu saat ditanya limit waktu proses update aplikasi silon, Susi belum bisa memberikan keterangan pasti. "Sebab sepenuhnya itu kewenangan KPU RI. Insyaallah dalam waktu tidak terlalu lama, sudah bisa ready," harapnya. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO