Puluhan Kali Diguncang Gempa, Masyarakat Pacitan Diimbau Tetap Tenang

Puluhan Kali Diguncang Gempa, Masyarakat Pacitan Diimbau Tetap Tenang Windarto, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan. (foto: ist)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan kali gempa tektonik berkekuatan lumayan besar mengguncang wilayah Pacitan sekitarnya, mulai Januari hingga Rabu (23/5). Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pacitan Windarto mengatakan, gempa yang mengguncang Pacitan rata-rata berkekuatan di antara 2 hingga 5 pada Scala Righter (SR).

"Guncangan gempa paling besar terjadi pada tanggal 16 Mei lalu dan terulang tadi malam. Mayoritas kekuatan diatas 5.1 SR," katanya, Rabu (23/5).

Menurut Windarto, gempa yang terjadi di wilayah Samudra Hindia selatan Yogyakarta, dalam informasi pendahuluan disebutkan, bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan M 5,1. Namun setelah dilakukan analisis pemutakhiran (update) gempa bumi ini memiliki magnitudo M 5,0.

"Epicenter terletak pada koordinat 9,43 LS- 110,52 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 153 km barat daya Pacitan pada kedalaman 24 km," sebutnya.

Hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran dengan kombinasi pergerakan naik dan mendatar (oblique thrust fault).

"Gempa bumi ini kali tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Karena itu, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," pesan Windarto. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO