BEK Gandeng Disperinaker Bangkalan Gelar Workshop dan Sosialisasi ITF

BEK Gandeng Disperinaker Bangkalan Gelar Workshop dan Sosialisasi ITF

BANGKALAN,BANGSAONLINE.com - Badan Ekonomi Kreatif (BEK) menggelar Workshop dan Sosialisasi Indonesia Trend Forecasting (ITF) di Aula Disperinaker Bangkalan. Acara yang berkerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bangkalan ini difasilitasi oleh Anggota DPR RI Nizar Zahro Komisi X yang membidangi Olahraga, Kebudayaan dan Pendidikan 

Menurut Kadisperinaker Bangkalan Aminah Rachmawati, workshop ini bertujuan memberikan pencerahan kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk mengembangkan usahanya agar dapat bersaing di pasar global.

"Pemerintah akan memfasilitasi dan memotivasi agar pelaku terus berkarya mengembangkan usahanya yang berkelanjutan tanpa mengabaikan usaha kearifan lokal," ucapnya.

Menurut Anggota DPR RI Mohammad Nizar Zahro, workshop Ini salah satu program dari ekonomi kreatif. Di mana ekonomi kreatif saat ini menjadi salah satu badan baru yang dibentuk berdasarkan perpres no.6 tahun 2015. 

"Salah satu dari ekonomi kreatif ini memberikan inovasi, motivator dan fasilitator bagi usaha ekonomi kreatif," tandasnya.

Nizar mencatat ada 16 Subsektor Ekonomi Kreatif. Dari jumlah tersebut, tercatat tiga subsektor utama yakni kuliner, fashion, dan kriya. Pada 2016, subsektor kuliner menjadi menyumbang terbesar dalam Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif, yakni sebesar 41,40% atau sekitar Rp 382 triliun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO