Terbang ke Tanah Suci, Calhaj Kloter 1 Akan Dilepas Gubernur

SURABAYA (bangsaonline) - Minggu (31/8), rombongan jemaah calon (calhaj) Embarkasi Surabaya kelompok terbang (kloter) 1 akan memasuki Asrama Haji Surabaya. Esoknya, Senin (1/9), jemaah akan diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda.

Calhaj kloter 1 ini berasal dari Surabaya dan Sidoarjo. Pemberangkatan akan dilepas oleh Gubernur Jatim Soekarwo di Asrama Haji Surabaya, Senin (1/9). “Kalau tahun sebelumnya kan di bandara, nanti pelepasan akan dilakukan di asrama ," kata Kepala Kemenag Jatim Mahfudh Shodar, di Asrama Haji Surabaya, Jumat (29/8).

Dia mengatakan, secara teknis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya sudah siap melaksanakan penyelenggaraan tahun ini. Yang masih belum klir hanyalah pembuatan paspor dan visa saja. “Seratus persen siap,” ujar Mahfudh.

Terkait dokumen para calhaj, Mahfudh menuturkan saat ini pengurusan visa masih tinggal 2000an. Itu masih diproses di Kedutaan Besar Arab Saudi. Kemenag tinggal menunggu saja. “Kalau paspor tinggal menunggu proses pelunasan 73 jemaah yang mendapatkan jatah sisa kuota,” tandasnya.

73 sisa kuota tersebut dipriotitaskan untuk jemaah lanjut usia (lansia), atau jemaah pasutri. Para calhaj renta ini nantinya akan diperlakukan secara khusus. “Nanti para jemaah juga diharuskan memakai gelang risti,” ujar Mahfudh.

Untuk diketahui, jumlah calhaj Embarkasi Surabaya tahun ini sebanyak 27.323 orang. Para tamu Allah itu terbagi menjadi 64 kloter. Setiap kloter berisi 450 orang, terdiri dari 445 calhaj dan 5 orang tenaga pendamping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO