Miris, Direktur Lembaga Rehab Narkoba Blitar Tertangkap Nyabu

Miris, Direktur Lembaga Rehab Narkoba Blitar Tertangkap Nyabu Kasat Narkoba Polres Blitar Kota AKP Huwahila Wahyun Yuha menunjukkan abrang bukti. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bertugas sebagai Direktur Yayasan Rehab Pecandu Narkoba ternyata tak membuat Endah Susilowati (49) enggan mengkonsumsi barang haram tersebut. ES yang merupakan direktur Yayasan Bina Bangsa Nusantara, Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL), lembaga yang bertugas merehab pecandu dan pengguna narkoba itu justru tertangkap petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Blitar Kota saat sedang menghisab sabu.

Ironisnya, pesta sabu itu dilakukannya bersama pasien rehab di kantor IPWL Jalan Ahmad Yani Kota Blitar. Ia tertangkap bersama satu orang laki-laki bernama Wawan (40) di sebuah ruangan kantor yayasan yang seharusnya digunakan membantu korban narkoba lepas dari ketergantungan barang haram itu.

"Benar, yang bersangkutan adalah kepala IPWL Blitar," jelas Kasat Narkoba Polres Blitar Kota AKP Huwahila Wahyun Yuha, Rabu (25/04/2018).

Huwahila mengatakan, ES menyalahgunakan jabatannya sebagai kepala IPWL untuk dapat menikmati sabu. Bahkan ES yang juga tercatat sebagai PNS di lingkup Pemkab Blitar ini juga melindungi beberapa pasien rehab agar tetap bisa nyabu dengan memberikan surat rekomendasi rehabilitasi.

"Dengan surat rekomendasi ini, pengguna tidak bisa dijerat hukum karena statusnya sebagai pasien rehab," terang Huwahila.

Diduga aksi ini sudah lama dilakukan ES. Ia sengaja menggelar pesta sabu di kantor IPWL untuk mengelabuhi petugas.

Huwahila mengungkapkan penangkapan berawal dari laporan warga terkait adanya dugaan pesta sabu yang dilakukan pelaku di kantor yayasan. "ES memang sudah lama menjadi TO kami serta banyaknya laporan dari masyarakat," paparnya.

Selain menangkap Indah, Satnarkoba Polresta Blitar juga mengamankan 7 pengedar narkoba. Seorang di antaranya, wanita yang berprofesi sebagai LC di Blitar. Total sabu yang disita sebanyak 14,56 gram. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO