Minggu, 21 April 2019 02:07

​Berdayakan Penyuluh Agama Tangkal Terorisme, Kemenag Jatim Terima Audiensi FKPT

Rabu, 25 April 2018 00:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Berdayakan Penyuluh Agama Tangkal Terorisme, Kemenag Jatim Terima Audiensi FKPT
Kakanwil Kemenag Jatim saat menerima audiensi dari FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) Jawa Timur, Selasa (24/4).

SIDOARJO, BANSGAONLINE.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur menerima audiensi dari FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) Jawa Timur, Selasa (24/4) pagi.

Mereka adalah Soubar Isman (Ketua), Nadjib Hamid (Sekretaris) dan M Subhan (Kabid Agama, Pendidkan dan Dakwah. Mereka diterima Kakanwil Kemenag Jawa Timur Syamsul Bahri di kantornya.

Soubar mengatakan, upaya pencegahan terorisme terus diperkuat di negeri ini. Salah satunya dengan menguatkan penyuluh agama di daerah-daerah. Sebagaimana diketahui, penyuluh agama berjumlah delapan orang di setiap kecamatan. Mereka tinggal bersama masyarakat, mulai dari kota hingga ke pelosok desa, bahkan hingga pedalaman.

"Dengan begitu mereka paham apa yang terjadi di tengah masyarakat. Termasuk untuk mendeteksi dini kemunculan paham-paham radikal atau yang berpotensi menimbulkan radikalisme," kata dia.

Dengan pertimbangan potensi yang dimiliki oleh penyuluh agama kemenag, lembaga yang menangani terorisme di Jatim itu mendatangi Kanwil Kemenag Prov Jatim.

“Kami beraudiensi dengan Kakanwil Kemenag untuk menindaklanjuti kerjasama di tingkat pusat antara BNPT dan Kementerian Agama. Alhamdulillah, Kakanwil menyambut dengan baik,” kata Soubar Isman yang juga seorang polisi berpangkat komisaris besar.

Syamsul Bahri mengaku senang dengan kerja sama ini. Apalagi saat dirinya menjabat Kakanwil Kemenag Bali ia juga punya pengalaman tersendiri terkait dengan terorisme. Dialah yang pernah datang langsung menemui Amir Jamaah Ansharut Tauhid, Abu Bakar Baasyir di Solo. Dengan terus terang ia meminta kepada Ustadz Abu (panggilan Abu Bakar Baasyir) untuk tidak lagi mengirim anak buahnya ke Bali.

“Alhamdulillah sampai sekarang tidak terjadi lagi,” kata Syamsul.

Untuk itulah ia mengaku siap bekerja sama dengan FKPT Jawa Timur dalam pencegahan terorisme yang melibatkan para penyuluh agama di daerah-daerah. Termasuk untuk menjadi salah seorang narasumber di acara tersebut.

“Prinsipnya kami siap bekerja sama dalam program tersebut,” lanjutnya.

M Subhan selaku Kabid yang membidangi kegiatan tersebut menuturkan, kegiatan penguatan penyuluh agama dalam menangkal terorisme itu akan dilaksanakan di Malang awal bulan depan. Salah seorang pembicara adalah Kakanwil Kemenag, disamping beberapa narasumber dari BNPT.

“Kerja sama ini penting, karena penyuluh agama tinggal di tengah masyarakat. Merekalah yang lebih tahu apa yang terjadi di sana dan mereka juga berperan penting sebagai deteksi dini di tengah masyarakat,” kata Subhan. (ian/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...