Selasa, 26 Januari 2021 11:42

​Berdayakan Penyuluh Agama Tangkal Terorisme, Kemenag Jatim Terima Audiensi FKPT

Rabu, 25 April 2018 00:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Berdayakan Penyuluh Agama Tangkal Terorisme, Kemenag Jatim Terima Audiensi FKPT
Kakanwil Kemenag Jatim saat menerima audiensi dari FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) Jawa Timur, Selasa (24/4).

SIDOARJO, BANSGAONLINE.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur menerima audiensi dari FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) Jawa Timur, Selasa (24/4) pagi.

Mereka adalah Soubar Isman (Ketua), Nadjib Hamid (Sekretaris) dan M Subhan (Kabid Agama, Pendidkan dan Dakwah. Mereka diterima Kakanwil Kemenag Jawa Timur Syamsul Bahri di kantornya.

Soubar mengatakan, upaya pencegahan terorisme terus diperkuat di negeri ini. Salah satunya dengan menguatkan penyuluh agama di daerah-daerah. Sebagaimana diketahui, penyuluh agama berjumlah delapan orang di setiap kecamatan. Mereka tinggal bersama masyarakat, mulai dari kota hingga ke pelosok desa, bahkan hingga pedalaman.

"Dengan begitu mereka paham apa yang terjadi di tengah masyarakat. Termasuk untuk mendeteksi dini kemunculan paham-paham radikal atau yang berpotensi menimbulkan radikalisme," kata dia.

Dengan pertimbangan potensi yang dimiliki oleh penyuluh agama kemenag, lembaga yang menangani terorisme di Jatim itu mendatangi Kanwil Kemenag Prov Jatim.

“Kami beraudiensi dengan Kakanwil Kemenag untuk menindaklanjuti kerjasama di tingkat pusat antara BNPT dan Kementerian Agama. Alhamdulillah, Kakanwil menyambut dengan baik,” kata Soubar Isman yang juga seorang polisi berpangkat komisaris besar.

Syamsul Bahri mengaku senang dengan kerja sama ini. Apalagi saat dirinya menjabat Kakanwil Kemenag Bali ia juga punya pengalaman tersendiri terkait dengan terorisme. Dialah yang pernah datang langsung menemui Amir Jamaah Ansharut Tauhid, Abu Bakar Baasyir di Solo. Dengan terus terang ia meminta kepada Ustadz Abu (panggilan Abu Bakar Baasyir) untuk tidak lagi mengirim anak buahnya ke Bali.

“Alhamdulillah sampai sekarang tidak terjadi lagi,” kata Syamsul.

Untuk itulah ia mengaku siap bekerja sama dengan FKPT Jawa Timur dalam pencegahan terorisme yang melibatkan para penyuluh agama di daerah-daerah. Termasuk untuk menjadi salah seorang narasumber di acara tersebut.

“Prinsipnya kami siap bekerja sama dalam program tersebut,” lanjutnya.

M Subhan selaku Kabid yang membidangi kegiatan tersebut menuturkan, kegiatan penguatan penyuluh agama dalam menangkal terorisme itu akan dilaksanakan di Malang awal bulan depan. Salah seorang pembicara adalah Kakanwil Kemenag, disamping beberapa narasumber dari BNPT.

“Kerja sama ini penting, karena penyuluh agama tinggal di tengah masyarakat. Merekalah yang lebih tahu apa yang terjadi di sana dan mereka juga berperan penting sebagai deteksi dini di tengah masyarakat,” kata Subhan. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...