Pelaku Industri Kecil Bergairah, Pemkot Mojokerto Gelar Expo dan Pesta Rakyat

Pelaku Industri Kecil Bergairah, Pemkot Mojokerto Gelar Expo dan Pesta Rakyat Walikota bersama ibu saat melihat stan pameran. Foto: SOFFAN/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Mojokerto HM. Masud Yunus, membuka Pameran Mojokerto City Expo Pesta Rakyat yang berlokasi di lapangan Surodinawan Kota Mojokerto, Jumat (12/4).

Mas’ud Yunus dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara tersebut digelar setelah pihaknya melihat semangat pelaku industri kecil di wilayah Kota Mojokerto yang terus bergairah. 

Hal itu kemudian mendorong pihak Pemerintah Kota (pemkot) untuk memberikan fasilitas dan pembinaan kepada para UMKM agar lebih mampu berkreasi, berinovasi dan berpretasi.

Membahas mengenai UMKM, kata Wali Kota, ada tiga persoalan besar yang harus diselesaikan. Pertama adalah masalah permodalan, selanjutnya masalah managemen dan masalah permasaran.

“Bagaimanan para UMKM ini dapat mengakses permodalan yang mudah dan murah, tentunya pihak pemerintah disini harus hadir guna membantu kemudahan akses mengenai permodalan,” terangnya.

Untuk mengatasi masalah permodalan, Mas'ud mencontohkan, sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang khusus menangani persoalan permodalan yakni Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah. 

“BUMD ini berdiri sejak tahun 2012 dan telah berhasil menyediakan pinjaman modal tanpa biaya asuransi dan tanpa biaya administrasi. Ini dapat kita lakukan berkat kerjasama dengan pihak Baznas, Dinas Koperasi dan UMKM dan BPLS. Sampai sekarang berjalan baik dan jumlah uang yang beredar sudah bekisar Rp 14 milliyar,” tambahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO