Minggu, 21 Oktober 2018 14:05

Pelaku Industri Kecil Bergairah, Pemkot Mojokerto Gelar Expo dan Pesta Rakyat

Jumat, 13 April 2018 21:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Soffan
Pelaku Industri Kecil Bergairah, Pemkot Mojokerto Gelar Expo dan Pesta Rakyat
Walikota bersama ibu saat melihat stan pameran. Foto: SOFFAN/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Mojokerto HM. Masud Yunus, membuka Pameran Mojokerto City Expo Pesta Rakyat yang berlokasi di lapangan Surodinawan Kota Mojokerto, Jumat (12/4).

Mas’ud Yunus dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara tersebut digelar setelah pihaknya melihat semangat pelaku industri kecil di wilayah Kota Mojokerto yang terus bergairah. 

Hal itu kemudian mendorong pihak Pemerintah Kota (pemkot) untuk memberikan fasilitas dan pembinaan kepada para UMKM agar lebih mampu berkreasi, berinovasi dan berpretasi.

Membahas mengenai UMKM, kata Wali Kota, ada tiga persoalan besar yang harus diselesaikan. Pertama adalah masalah permodalan, selanjutnya masalah managemen dan masalah permasaran.

“Bagaimanan para UMKM ini dapat mengakses permodalan yang mudah dan murah, tentunya pihak pemerintah disini harus hadir guna membantu kemudahan akses mengenai permodalan,” terangnya.

Untuk mengatasi masalah permodalan, Mas'ud mencontohkan, sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang khusus menangani persoalan permodalan yakni Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah. 

“BUMD ini berdiri sejak tahun 2012 dan telah berhasil menyediakan pinjaman modal tanpa biaya asuransi dan tanpa biaya administrasi. Ini dapat kita lakukan berkat kerjasama dengan pihak Baznas, Dinas Koperasi dan UMKM dan BPLS. Sampai sekarang berjalan baik dan jumlah uang yang beredar sudah bekisar Rp 14 milliyar,” tambahnya.

Mengenai pengelolaan manajemen, pihaknya sudah memberikan pembekalan dan pelatihan mengenai manajemen bisnis kepada tiap pelaku usaha. Hasilnya, para pelaku UMKM banyak yang sudah dapat mengelola usahanya secara baik dan profesional.

Sedangkan untuk masalah pemasaran, Wali Kota menjelaskan bahwa sudah diagendakan oleh pihak pemerintah kota. Yakni di tiap tahunnya tepatnya pada peringatan hari jadinya, Pemkot selalu mengadakan pameran Mojokerto City Expo Pesta Rakyat.

Wali Kota berkeyakinan, dengan digelarnya pameran tersebut akan berlangsung pertemuan antara pihak produsen UMKM dengan pihak buyer atau pembeli. 

"Ini merupakan bentuk strategi pemasaran yang sederhana namun efektif," sambungnya.

Di sisi lain, dari produk-produk yang dipamerkan akan mampu menubuhkan kecintaan warga kepada produk-produk lokal.

“Di sini banyak sekali produk-produk yang dipamerkan di antaranya kain batik, macam-macam bentuk kerajinan dan kuliner khas Kota Mojokerto,” pungkasnya. (sof/ian)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...