Hari Kedua Wafatnya Ra Lilur, Tahlil Digelar Hingga ke Negeri Jiran

Hari Kedua Wafatnya Ra Lilur, Tahlil Digelar Hingga ke Negeri Jiran Suasana tahlil pada malam kedua di rumah duka Jl KH Moh Kholil gg III Bangkalan menjadi bukti nyata betapa Ra Lilur memang dicintai banyak orang. Jamaah tahlil mencapai ribuan itu datang dari berbagai kota.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Suasana tahlil pada malam kedua di rumah duka Jl KH Moh Kholil gg III menjadi bukti nyata betapa Ra Lilur memang dicintai banyak orang. Jamaah tahlil mencapai ribuan itu datang dari berbagai kota. 

Acara tahlil juga dilaksanakan di Desa Banjar, Tanah Merah, tempat tinggal Ra Lilur semasa hidupnya. Bahkan menurut keterangan yang disampaikan Ra Bir Ali, tahlil juga dilaksanakan secara serentak di berbagai kota. Di Jakarta dipusatkan di Tanjung Priok. Sementara di luar negeri, tahlil bersama juga digelar di Malaysia.

Ra Lilur, sang paku bumi itu, tetap dielu-elukan oleh umat hingga wafatnya.

Setelah acara tahlil, BANGSAONLINE.com sempat bebincang dengan salah seorang keponakan Ra Lilur yaitu KH Fachri Abdullah Aschal. Ketika Ra Lilur meninggal dunia, Kiai Fachri tengah berada di Mekah dalam rangka melaksanan ibadah umrah. Atas meninggalnya Ra Lilur, beliau merasa kehilangan yang sangat mendalam. 

"Sang paku bumi telah pergi, saya kehilangan tokoh panutan," ungkap Kiai Fachri.

Kiai Fachri juga sempat menyampaikan pesan terakhir Ra Lilur ketika masih hidup. "Maos shalawat, pabannya' maos shalawat Nak," demikian ucap Ra Fachri meniruksa pesan Ra Lilur.

Dari ribuan jamah tahlil yang hadir pada malam ini, BANGSAONLINE.com juga sempat berbincang dengan salah seorang dari mereka. Jauh-jauh dari Konang yang berjarak 41 Km dari kota , ia sengaja hadir ke Demangan untuk memberikan doa dan ucapan bela sungkawa. 

"Saya turut berduka cita yang sangat mendalam atas wafatnya beliau. Ra Lilur itu guru umat dan panutan banyak orang. Saya bergabung untuk mengikuti tahlil bersama," ungkap Mudhar, yang juga seorang Klebun di Desa Bandung Kecamatan Konang. (bkl1/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO