Selasa, 11 Desember 2018 21:45

APBD Harus Sesuai Sasaran Prioritas Pembangunan Kota Malang

Selasa, 13 Maret 2018 21:50 WIB
Wartawan: Iwan Irawan
APBD Harus Sesuai Sasaran Prioritas Pembangunan Kota Malang

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang sejak Senin (12/03) kemarin tengah sibuk melakukan verifikasi dan menerima konsultasi dari OPD se-Kota Malang. Mereka berkonsultasi terkait rencana kerja (renja) tahun anggaran 2019 yang diusulkan. Acara ini berlangsung di Hotel Savana Malang.

"Konsultasi ini dalam rangka menguatkan dan menyelaraskan program sasaran prioritas pembangunan Kota Malang yang sejalan dengan RKPD (rencana kerja pembangunan daerah) dan RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) Kota Malang, sekaligus menyelaraskan satu OPD dengan lainnya," demikian dijelaskan Erik S Santoso, ST, MT, Kepala Barenlitbang Kota Malang.

Ia menegaskan kembali bahwa verifikasi dan konsultasi sangat dibutuhkan agar OPD tidak mengusulkan program kerja di luar sasaran prioritas pembangunan Kota Malang. Sebaliknya, usulan program kerjanya senantiasa dalam kewajaran serta efektif dan efisien. "Anggaran tahun 2019 nanti mesti dilakukan sesuai tupoksinya," tegas Erik.

Erik mengimbau setiap OPD yang terbebani anggaran APBD memahami program sasaran prioritas pembangunan Kota Malang. Karena sejauh ini, OPD kerap terkendala pada kurangnya pemahaman. "OPD juga dilarang keras mengulang kembali (copy paste) program kerja tahun sebelumnya, Istilahnya jangan sampai terjebak kegiatan rutinitas," pesannya.

"Verifikasi dan konsultasi dalam prosesnya lumayan menyita waktu, yakni 4 sampai 8 jam. Sasaran prioritas sendiri di RKPD dan RPJMD ada 13 poin, salah satunya adalah Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Lingkungan Hidup dan banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, lewat renja ini, perlu kita kawal anggaran kerja OPD agar selaras sesuai RKPD dan RPJMD," pungkasnya. (iwa/rev)

Jumat, 07 Desember 2018 13:40 WIB
Oleh: Muchammad Toha*Terlalu pagi saya mendarat di Bandara Hang Nadim, karena untuk sampai di Batam tanpa transit di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta dapatnya pesawat pagi. Maka, cukup alasan hotel untuk tidak memberikan kamar pada saya. Bah...
Senin, 03 Desember 2018 14:30 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba wak...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...