KH Afifuddin: Mahfud MD Santri-NU Tulen, Tak Pernah Cacat Hukum, Layak Dampingi Jokowi

KH Afifuddin: Mahfud MD Santri-NU Tulen, Tak Pernah Cacat Hukum, Layak Dampingi Jokowi KH Afifuddin Muhajir. Foto: istimewa

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Nama Prof Dr Mahfud MD mulai marak mendapat dukungan maju sebagai calon Wakil Presiden RI. Dukungan itu – diantaranya - datang dari kiai ahli fiqh KH. Afifuddin Muhajir yang sehari-harinya wakil pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur.

Kiai pengarang kitab Fathul Mujibil Qarib itu menilai Mahfud MD sangat memenuhi syarat menjadi calon wakil Presiden RI. ”Pandangan saya, sekarang ini sudah saatnya ahli tata negara tampil memimpin negara ini untuk membenahi carut marutnya hukum,” kata Kiai Afifuddin Muhajir, Kamis (8/3/2018).

Menurut dia, Mahfud MD mempunyai kapasitas intelektual yang memadai. ”Pak Mahfud itu santri, NU tulen, jujur, kapabel, dan berintegritas. Saya tak pernah mendengar Pak Mahfud itu cacat hukum,” kata mantan Katib Syuriah PBNU itu.

Sebagai ahli fiqih Kiai Afifuddin merasa penting menekankan “tak pernah cacat hukum”. Sebab jika calon Wakil Presiden pernah tersandung masalah hukum atau pernah diperiksa di pengadilan akan sangat mengganggu posisinya sebagai calon pemimpin negara. Dan negara akan terbebani kasusnya.

”Pak Mahfud sangat cocok apabila digandeng oleh Pak . Pak Mahfudbisa menutupi kekurangan Pak terutama di bidang penegakan hukum dan pencegahan radikalisme,” kata Kiai Afifuddin Muhajir.

”Ketika saya bertemu Pak beberapa waktu lalu, saya mengusulkan agar mengambil orang kalangan pesantren (santri) untuk dijadikan wakil Presiden. Namun dengan catatan, santri yang diambil adalah yang berkualitas dan tidak cacat hukum. Dan saya melihat Pak Mahfud memenuhi syarat karena beliau memang santri dan NU tulen,” kata Kiai Afifuddin yang mantan ketua Lembaga BahtsulMasail (LBM) PBNU sembari mengatakan bahwa Mahfud MD dapat memagari dan membentengi NKRI.

Kiai santun itu juga mengatakan bahwa dilihat dari statemen-statemennya tentang kebangsaan dan keindonesiaan, Mahfud MD merupakan sosok yang diterima oleh semua kalangan.

”Pak Mahfud merupakan sosok yang sederhana. Kesederahaannya itu dapat dilihat dari penampilannya sehari-hari. Ini ada kesamaan dengan Pak yang orangnya juga sederhana. Beliau juga sosok yang adil. Saya kira semua orang tahu track record beliau saat memimpin MK. Putusan-putusannya sangat mencerminkan keadilan di masyarakat. Beliau tidak tebang pilih dalam menegakkan hukum, tidak perduli apakah itu kawannya sendiri, keluarganya atau orang lain,” katanya. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO