Kunjungan ke Klenteng Hong San Kiong, Gus Syaf: Aset Budaya Lokal Harus Dijaga

Kunjungan ke Klenteng Hong San Kiong, Gus Syaf: Aset Budaya Lokal Harus Dijaga Gus Syaf bersama ketua dan pengurus Klenteng Hong San Kiong. foto: BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Gus Syafi'in, Calon Bupati Jombang melakukan kunjungan ke Klenteng Hong San Kiong di Gudo, Jombang, Sabtu (10/2). Kunjungan ini dalam rangka silaturrahim dengan ketua dan pengurus Klenteng setempat.

Kebetulan saat kunjungan ini, Klenteng tengah dibersihkan untuk menyambut hari raya Imlek. Melihat hal ini, Gus Syaf langsung mencopot sepatunya untuk turut membantu membersihkan Klenteng, mulai menyemprot dinding, hingga mencuci tempat abu kremasi.

Usai bersih-bersih, mantan Kabiro Umum Setmil Presiden ini kemudian menyusuri titik-titik Klenteng didampingi Toni Harsono selaku ketua Klenteng.

Dalam kesempatan itu, Gus Syaf menyatakan bahwa kunjungannya sekaligus bertujuan untuk mempererat keberagaman, sesuai 9 program unggulan yang diusungnya. "Salah satu program saya adalah pelestarian budaya lokal, karena itu ini menjadi salah satu implementasi, bagaimana kita harus memperkuat toleransi, dan menjaga keberagaman," katanya.

"Saya ingin Jombang jadi Kabupaten percontohan kerukunan antar umat beragama".

Ia juga berjanji akan menjaga aset-aset lokal apabila diberi amanah menjadi bupati Jombang, salah satunya Klenteng Hong San Kiong yang merupakan Klenteng tertua se-Asia Tenggara. "Pemda harus mempunyai kepedulian terhadap aset-aset budaya seperti ini," pungkasnya. (rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO