Studi Banding, DKP Kotawaringin Barat Kalteng Kunjungi Disperipangan Banyuwangi

Studi Banding, DKP Kotawaringin Barat Kalteng Kunjungi Disperipangan Banyuwangi Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi foto bersama dengan rombongan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kotawaringin Barat.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melakukan kunjungan dalam rangka studi banding ke Kantor Dinas Perikanan dan Pangan (Disperipangan) Kabupaten Banyuwangi, Rabu (7/2).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Perikanan Kotawaringin Barat ini disambut langsung oleh Kepala Disperipangan Banyuwangi Ir. Harry Cahyo Purnomo, MSi.

"Mereka bertujuan untuk menggali tentang berbagai program usaha dan inovasi dalam rangka mengembangkan usaha perikanan yang sudah dilaksanakan oleh Disperipangan Banyuwangi," ungkap Harry.

Dalam pertemuan itu, Harry juga menerangkan geografis wilayah Banyuwangi yang memiliki panjang garis pantai sekitar 175,8 km dari sisi timur utara sampai selatan. Dari 25 kecamatan ada 11 kecamatan yang memiliki pantai sangat pontesial dibuat ecowisata.

"Kami juga membuat inovasi gema pamili (gerakan masyarakat pangan mina lestari) untuk mewujudkan ecowisata dengan sistem konservasi dan edukasi," jelasnya.

Dengan adanya program ecowisata ini, lanjut Harry, dapat menambah peluang perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Harry mengatakan bahwa program itu (gema pamili) merupakan suatu bentuk pengaplikasian gerakan pemanfaatan lahan pertanian untuk budidaya ikan tawar dalam mewujudkan kemandirian pangan agar bisa meningkatkan produktivitas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO