28 Siswa SD Ngabab III Pujon Keracunan Masal

28 Siswa SD Ngabab III Pujon Keracunan Masal AKP Anton Widodo (kiri) saat menunjukkan sample jajanan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Keracunan masal terjadi di Sekolah Dasar (SD) Ngabab III, Kecamatan Pujon, Kabupaten . Sedikitnya terdapat 28 siswa yang keracunan usai membeli jajanan yang terbuat dari ketela di depan sekolah mereka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, para siswa yang keracunan rata-rata mengalami pusing dan mual-mual hingga akhirnya dilarikan ke puskesmas setempat.

“Sebelum upacara pada hari Senin (15/1) rupanya mereka bersama teman-temannya membeli jajanan di depan sekolah. Nah, pada saat upacara mereka biasa saja, tetapi saat selesai upacara puluhan siswa ini mengalami keracunan dan mengaku pusing serta mual-mual. Ya akhirnya seluruh siswa yang mengalami keracunan ini kami bawa ke puskesmas,” ungkap Sri Wahyuni salah satu guru saat mendampingi siswanya di Puskesmas Pujon.

Kondisi mual setelah memakan jajanan tela-tela ini diakui salah satu siswa kelas 4 bernama Agatha Alif Fernando. “Habis beli jajan ketela rasa balado pedas sebelum upacara, tapi pas habis upacara saya merasa pusing dan muntah-muntah. Rasanya ya gitu, tapi ada pait-paitnya sedikit,” ujarnya.

Dari 28 siswa yang mengalami keracunan tersebut, masih terdapat 12 siswa yang harus mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas. “Yang lainnya sudah boleh pulang, sudah dikasih obat dan sama dokter diperbolehkan istirahat di rumah,” terang Sri Wahyuni.

Dengan terjadinya keracunan siswa ini, polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap penjual makanan berikut sample jajanan yang diduga menjadi penyebab keracunan. Contoh jajanan yang sempat diamankan pihak polisi ada tiga jenis, seperti tela-tela, makaroni, dan pangsit goreng lengkap dengan tiga bumbu rasa balado, jagung manis, dan jagung bakar.

“Untuk sementara waktu kami masih melakukan pendalaman lebih lanjut, sedang penjual dan bahan makanan sudah kita amankan. Setelah kita uji di laboratorium baru kami akan tahu jenis apa yang meracuni anak-anak kita ini,” ungkap AKP Anton Widodo selaku Kasat Reskrim Polres Batu. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO