Pemkab Pacitan Tambah Alokasi Beras Cadangan

Pemkab Pacitan Tambah Alokasi Beras Cadangan Bambang Supriyoko

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Seiring masifnya musibah bencana alam di Pacitan, pemkab setempat melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bakal menaikkan pagu cadangan pangan pada Tahun Anggaran 2018.

Kepala Dinas Pangan Pacitan Bambang Supriyoko mengatakan tahun ini cadangan beras akan ditambah menjadi 36 ton. Angka ini hampir tiga kali lipat lebih banyak dari tahun lalu yang hanya sebanyak 12,5 ton beras.

"Sebagaimana fungsinya cadangan pangan tersebut untuk menstabilkan harga bahan pangan. Terlebih Kabupaten Pacitan sangat identik dengan bencana alam. Sehingga dengan cadangan pangan tersebut diharapkan tidak akan terjadi kerawanan pangan di semua desa atau kelurahan," katanya, Senin (8/1).

Menurut mantan Kepala Dinas Hutbun ini beras cadangan pangan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat ‎yang mengalami kerentanan pangan (transien) dan belum ter-cover dalam program rastra.

"Beras tersebut akan diperbantukan, tidak untuk dijual. Memang berbeda dengan mekanisme sebelumnya di mana masyarakat diharuskan untuk menebus meskipun dengan nominal sangat kecil. Program tahun ini memang murni bantuan barang kepada masyarakat," jelas Bambang.

Kapan beras tersebut akan disalurkan, saat ini masih dalam proses pendataan secara by name dan by addres. "Pada Februari nanti baru dilakukan proses pengadaan seiring datang musim panenan," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO