Polres Jombang Terapkan Absensi Pendeteksi Wajah Terhadap Anggotanya

Polres Jombang Terapkan Absensi Pendeteksi Wajah Terhadap Anggotanya

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Absensi kehadiran menggunakan sidik jari mungkin sudah biasa. Namun yang dilakukan Polres Jombang ini berbeda, mereka menerapkan absensi kehadiran anggota dengan menggunakan alat deteksi wajah.

Wakapolres Jombang Kompol Edith Yuswo W, SIK mengatakan, alat presensi yang dipasang di Mapolres Jombang selain bisa mendeteksi wajah, juga mendeteksi iris atau retina mata anggota. Dengan begitu, alat tersebut tidak bisa dibohongi. Kalau bukan yang bersangkutan yang melakukan absensi, maka alat tersebut tidak akan mendeteksi.

"Dengan metode tersebut diharapkan anggota bisa datang tepat waktu dan bisa memupuk disiplin kehadiran. Tahap selanjutnya, setiap bulan akan diprint-out untuk melihat serta mengevaluasi kehadiran anggota saat bertugas," kata Edith, Selasa (02/01/2018).

Edith menjelaskan, saat ini alat deteksi wajah tersebut masih terpasang di Mapolres saja. Namun ke depan akan diperbanyak untuk dipasang di masing-masing polsek jajaran.

"Alat tersebut hanya mampu mendeteksi wajah dari anggota yang sudah masuk dalam database dengan metode tiga dimensi. Sehingga tidak dapat dipalsu baik melalui foto atau video," pungkasnya. (ony/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO