Gerak Jalan Guyub Rukun Dongkrak Sosialisasi Pilgub Jatim

Gerak Jalan Guyub Rukun Dongkrak Sosialisasi Pilgub Jatim Para peserta gerak jalan sehat Guyub Rukun di depan kantor KPU Jatim. Foto: DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mengadakan sosialisasi Pilgub 2018 melalui gerak jalan sehat “guyub rukun” yang dilakukan secara serentak di 38 kabupaten/ kota. Untuk jalan sehat yang digelar oleh KPU Provinsi disambut antusias oleh warga. Terbukti, tak kurang sekitar 3.600 peserta mengikuti gerak jalan tersebut.

Jumlah itu didapat dari jumlah tiket yang dilepas panitia. Angka tersebut melebihi dari target yang ditetapkan oleh , yakni 3000 peserta gerak jalan.

Karno, salah satu peserta gerak jalan mengaku, dengan adanya kegiatan ini, dirinya jadi tahu kalau pilgub Jatim diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2018. Warga Kabupaten Malang ini sebenarnya tahu kalau tahun depan ada pilgub. Tapi tanggalnya baru ia ketahui setelah mengikuti gerak jalan sehat guyub rukun.

"Kalau pilgub tahun depan, saya sudah paham. Tapi kalau pilgubnya tanggal 27 Juni, saya baru tahu hari ini, tahu dari jalan sehat guyub rukun. Sehari sebelum Hari H pilgub, pasti saya pulang ke Malang untuk nyoblos," ujar pria yang sehari-hari berjualan kopi ini, Minggu (17/12).

Komisioner divisi Perencanaan dan Data, Choirul Anam, mengungkapkan, agenda ini merupakan salah satu upaya untuk menyosialisasikan Pemilu Gubernur 2018 kepada masyarakat dengan harapan pemilu nanti berjalan dengan jujur dan adil serta bisa mendongkrak partisipasi jumlah pemilih.

Gerak jalan sehat ini, kata Anam, cukup mendapat perhatian dari masyarakat dengan tingkat partisipasi peserta mencapai 3.600 orang dari berbagai kalangan.

“Hal ini tentu cukup menggembirakan karena melalui gerak jalan sehat ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti,” jelasnya.

Anam melanjutkan, tahun 2018 merupakan tahun pesta demokrasi masyarakat Jawa Timur. Seluruh warga yang memiliki hak pilih di 38 kabupaten dan kota akan mengikuti pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Bahkan dari 38 daerah, 18 daerah lainnya menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) tingkat Kabupaten dan Kota.

“Tahun 2018 ada 18 pilkada kabupaten dan kota, serta pemilihan Gubernur Jatim dengan jumlah pemilih tetap (DPT) diproyeksikan sebanyak 32.327.462 pemilih,” tambahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO