Apel 3 Pilar, Wabup Malang Tekankan Pentingnya Stabilitas Wilayah dalam Pembangunan

Apel 3 Pilar, Wabup Malang Tekankan Pentingnya Stabilitas Wilayah dalam Pembangunan

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM, memaparkan materi mengenai peran tiga pilar plus menjaga stabilitas wilayah dalam rangka Apel Danramil Babinsa Tersebar Kodim 0818/Malang-Batu Tahun 2017 di Gedung Balai Penelitian Tanaman Pangan Malang, Jl. Raya Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Rabu (13/12) . Kegiatan ini merupakan program kerja Kodim 0818/Malang-Batu Tahun Anggaran 2017 Bidang Teritorial tentang puanter.

Dalam paparannya, Wabup menjelaskan konsep dasar menjaga stabilitas wilayah dengan memberikan situasi kondisi yang aman dengan harapan mampu menumbuhkembangkan proses pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari peran dan sinergitas tiga pilar kecamatan (Camat, Danramil, Kapolsek) dan tiga pilar desa plus (Kades/Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama).

Menurutnya, Bhabinkamtibmas berperan membimbing masyarakat menciptakan keamanan dan ketertiban serta pembinaan partisipasi kepada masyarakat melalui upaya kamtibmas secara swakarsa. Sedangkan Babinsa berperan sebagai pelaksana koramil yang bertugas melaksanakan bimbingan territorial (binter).

“Seperti dijelaskan dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa bahwa kepala desa harus memegang teguh pengamalan Pancasila, UUD 1945 dan memelihara keutuhan NKRI,” jelasnya.

Lebih lanjut ia katakan bahwa potensi konflik yang terjadi di Kabupaten Malang muncul dari berbagai faktor misalnya sengketa tanah, terorisme, radikalisme, dll.

“Untuk itu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan sistem lapor cepat, temu cepat, dan berjenjang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, juga dengan menjaga kekompakan, keharmonisan serta sinergitas jajaran instansi,” pesannya. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO