Anggaran Masterplan dan DED TPA Wonokerto Capai Rp 500 Juta

Anggaran Masterplan dan DED TPA Wonokerto Capai Rp 500 Juta

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rencana pembangunan sarana dan prasarana TPA Wonokerto dipastikan akan terealisasi pada tahun depan. Untuk memuluskan program tersebut, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan sudah mengajukan masterplan dan DED (Detail Engineering Design).

Menurut Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Muchaimin, untuk mendukung penanganan sampah di TPA Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, dibutuhkan sarana dan prasarana yang penunjang. Hanya saja, pihaknya belum merencanakan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan TPA Wonokerto tahun depan.

Alasannya, pihaknya masih menunggu masterplan dan DED dikerjakan. Muchaimin mengungkapkan jika masterplan dan DED TPA Wonokerto baru direalisasikan tahun 2018.

“BLH sudah ajukan masterplan dan DED-nya. Langkah ini untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mendukung penanganan sampah di TPA baru itu nantinya,” jelas Muchaimin.

Ia menjelaskan, pembuatan masterplan dan DED TPA Wonokerto sudah diusulkan dalam R-APBD 2018. Bahkan, usulan itu sudah disetujui legislatif.

Pihak BLH sendiri telah mengajukan anggaran sebesar Rp 500 juta. “Dana itu akan dipergunakan untuk pembuatan masterplan dan DED. Kami upayakan,”. sambungnya.

Meski begitu, keberadaan TPA Wonokerto sudah bisa dimanfaatkan untuk penampungan sampah. Hanya saja, belum ke tahap pengelolaannya karena pengelolaan sampah di TPA tersebut dibutuhkan sarana penunjang. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'TPA di Desa Kenep Pasuruan Terbakar, Diduga Gara gara Puntung Rokok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO