Selasa, 26 Maret 2019 08:12

Ratusan Pembeli Apartemen Wadul ke DPRD Jatim, Komisi A segera Panggil Bupati Sidoarjo

Senin, 04 Desember 2017 22:45 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
Ratusan Pembeli Apartemen Wadul ke DPRD Jatim, Komisi A segera Panggil Bupati Sidoarjo
Warga yang menjadi pembeli unit apartemen bermasalah mengadukan nasibnya ke Komisi A DPRD Jatim. Warga juga mengadukan keterlibatan Bupati Sidoarjo dalam proyek tersebut. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga korban pengembang Sipoa Group yang tergabung dalam Paguyuban Pembeli Proyek Sipoa (P3S) mengadukan nasibnya ke Komisi A DPRD Jawa Timur Senin. Mereka meminta Komisi A DPRD Jatim agar membantu mereka karena ditipu oleh pengembang Sipoa Group dalam kepemilikan apartemen murah di Sidoarjo.

"Kami membeli tahun 2014, ada yang mengangsur ataupun lunas. Kami tertarik karena murah dengan angsuran uang muka Rp500 ribu. Jumlah anggota kami totalnya lebih 400 orang lebih,” ungkap Ketua P3S, Anthony, Senin (4/12).

Anthony mengatakan untuk besaran yang dibayarkan bervariatif dan rata-rata sebagian besar mencapai Rp 200 juta ke atas. “Karena murah akhirnya banyak yang membeli. Namun, setelah menunggu tiga tahun, sampai lunas ternyata tak kunjung dibangun. Karena itulah kami mengadukannya ke Komisi A DPRD,” sambungnya.

Ditambahkan oleh Anthony, selain mengadukan ke DPRD Jatim, P3S akan mengadukan ke Polda Jatim karena adanya unsur penipuan oleh pengembang. “Kemungkinan besok kami akan ke Polda untuk melapor,” terangnya.

Sementara itu, kuasa hukum Paguyuban Pembeli Proyek Sipoa (P3S) I Wayan Titib mendesak Bupati Sidoarjo Saiful Illah bertanggungjawab atas dugaan penipuan yang dilakukan oleh pengembang proyek apartemen murah Sipoa Group di desa Tambak Oso, Waru, Sidoarjo.

“Kenapa kami minta tanggungjawab, karena yang bersangkutan kami duga mengetahui dan mengenal pengembang. Buktinya yang bersangkutan menjadi ikon iklan dari pembangunan apartemen murah tersebut,” tegasnya.

Wayan Titib mengatakan adanya ikon iklan dari apartemen tersebut, ratusan calon pembeli apartemen mau untuk membeli apartemen tersebut. ”Tentunya kalau yang menjadi ikon iklannya adalah bupati, masyarakat tentu tertarik karena bupati yang jadi bintang iklannya. Logikanya, mana mungkin bupati mau menipu masyarakat,” jelasnya.

Ketua Komisi A DPRD Jatim Freddy Poernomo mengatakan pihaknya akan menjadwalkan akan memanggil Bupati Sidoarjo Saiful Illah atas apartemen tersebut. ”Yang bersangkutan adalah ikon iklan dari apartemen murah yang dibangun Sipoa Group. Kami akan minta klarifikasinya,” tandasnya.

Sekadar diketahui, beberapa tahun lalu di Sidoarjo dihebohkan dengan program kepemilikan apartemen murah yang dibangun oleh Sipoa Group dengan harga per bulannya Rp 500 ribu dan cukup membawa persyaratan KTP dan KSK sudah dapat memiliki apartemen. Dalam mempromosikan apartemen tersebut, tak tanggung-tanggung, Bupati Sidoarjo Saiful Illah terlibat langsung sebagai ikon iklan apartemen tersebut.

Namun sayangnya, setelah berjalan tiga tahun, ternyata apartemen yang dibangun Sipoa Grup di kawasan Desa Tambak Oso kecamatan Waru ternyata bermasalah dan lahan yang akan dibangun diduga sedang dalam sengketa. Sipoa Group adalah pengembang properti besar yang memiliki proyek antara lain Royal Mutiara Residence, Surabaya Sipoa City, The Royal Crown Palace dan The Royal Business Park. (mdr/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...