Antisipasi Banjir, Pemkab Sidoarjo Optimalkan 16 Pompa

Antisipasi Banjir, Pemkab Sidoarjo Optimalkan 16 Pompa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 16 pompa yang telah disiapkan Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan akan dioptimalkan.

Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan mengatakan, saat ini pompa-pompa itu telah ditempatkan di beberapa titik, yakni di Rangkah Kidul 3 pompa, Karang Gayam 2, Hangtuah 2, Sidokare 2, di Taman 3, Trisobo 2, dan di Porong 2.

"Kami akan optimalkan 16 pompa untuk mengantisipasi banjir di Sidoarjo," kata Sigit Setyawan saat melakukan normalisasi di sungai Sidokare pada wartawan, Jumat (17/11/2017).

Sigit menegaskan, selain menyiapkan pompa-pompa tersebut. dalam bulan ini pihaknya akan melakukan normalisasi serentak di sungai Sidokare, Buntung, Golondoro, Ketapang, Alo, dan Pucang.

"Normalisasi itu salah satu kontribusi untuk mengurangi terjadinya sentimen, karena banjir di Sidoarjo ini akibat genangan sendimen di sungai Sidokare," kata Sigit.

Masih kata Sigit, selain akan melakukan normalisasi, DPUPR juga akan melakukan revitalisasi sempadan sungai untuk mengoptimalkan fungsi saluran. "Kami sudah melakukan sosialisasi terkait sempadan sungai, dan akan melakukan penertiban sempadan yang beralih fungsi pada awal tahun 2018," tuturnya.

"Pada saatnya musim penghujan nanti dan volume air meningkat, kami akan melakukan pengaturan debit air di dam-dam. Pengatur aliran air dari dam dengan menggunakan kamera CCTV saat ini sudah ada tiga lokasi yakni di dam Ketegan Taman, Dada Karya Wonoayu dan Ngogol Tulangan," pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO