Rabu, 12 Desember 2018 11:12

Mantan ASN Terpidana Diberikan Kesempatan Mengabdi Lagi

Selasa, 14 November 2017 21:29 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Mantan ASN Terpidana Diberikan Kesempatan Mengabdi Lagi
Djoko Mulyono, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Pacitan. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Pacitan yang tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) cukup beruntung. Sekretaris Inspektorat Kabupaten Pacitan, Djoko Mulyono, mengatakan, ASN yang terjerat kasus Tipikor masih bisa menikmati hak-hak mereka sebagai seorang aparatur.

"Apapun itu ketika ASN melakukan pelanggaran, supremasi hukum tetap harus ditegakan. Namun masyarakat juga harus paham, kalau hak mereka juga wajib diberikan dan dihormati," katanya, Selasa (14/11).

Hak dimaksud, lanjut Djoko, terkait statusnya sebagai ASN setelah mereka nanti diputuskan oleh majelis hakim dan berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsd). Tentu masa pidana akan mereka jalani sebagaimana amar putusan hakim yang sudah mereka terima.

"Sebagaimana ketentuan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN, bagi mereka yang tersangkut persoalan hukum, negara masih memberikan kesempatan untuk kembali mengabdi sebagai ASN atau tidak diberhentikan dengan beberapa syarat yang ditentukan setelah masa pidana itu berakhir," jelas teman sebangku dari Wabup Yudi Sumbogo, saat masa sekolah ini.

Syarat tersebut di antaranya tidak menurunkan harkat dan martabat sebagai ASN, berprestasi baik, tidak memengaruhi lingkungan, serta terdapat lowongan. Ketentuan itu berlaku bagi mantan nara pidana ASN yang mendapat vonis hukuman penjara lebih dari dua tahun.

"Sedangkan bagi yang menjalani vonis hukuman kurang dari dua tahun, mereka juga tidak diberhentikan sepanjang ada lowongan. Akan tetapi selama menjalani masa pidana, status ASN-nya tetap, hanya saja hak-hak kepegawaiannya dihentikan sementara sampai mereka diaktifkan kembali," bebernya. (yun/rd)

Jumat, 07 Desember 2018 13:40 WIB
Oleh: Muchammad Toha*Terlalu pagi saya mendarat di Bandara Hang Nadim, karena untuk sampai di Batam tanpa transit di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta dapatnya pesawat pagi. Maka, cukup alasan hotel untuk tidak memberikan kamar pada saya. Bah...
Senin, 03 Desember 2018 14:30 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba wak...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...