Danguspurlatim Sosialisasikan Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 di Kementerian Pariwisata

Danguspurlatim Sosialisasikan Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 di Kementerian Pariwisata

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr (Han)., selaku Komandan Satgas melaksanakan sosialisasi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 yang berlangsung di Kementerian Pariwisata, Jumat (03/11/2017). Sosialisasi ini diterima langsung oleh Deputi Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Dra. Esthy Reka Astuti, M.Si., bertempat di Ruang Rapat Kementerian Pariwisata,Jakarta.

Mengawali kegiatan sosialisasi dan audiensi MNEK 2018, dilakukan pemutaran filler singkat tentang MNE Komodo yang sudah terlaksana sebelumnya.

Asops Satgas Kolonel Laut (P) Antonius Widiyo Utomo juga memaparkan MNEK Komodo 2018 merupakan event 2 tahunan yang di selenggarakan TNI AL dan melibatkan kapal perang, pesawat udara, helikopter dan delegasi AL negara sahabat.

Pada Kegiatan MNEK 2016 di Padang, ada berbagai agenda, di antaranya melaksanakan Latihan Harbour Phase, Latihan Sea Phase, Gala Dinner, Kirab Kota, Pembangunan Monumen, Karya Bhakti/Encap, Bhakti Kesehatan, City Tour, Program Kuliner dengan perlombaan memasak dan pelayaran kebangsaan untuk meningkatkan potensi maritim kepada siswa siswi sekolah.

Sedangkan pada MNEK 2018 mendatang rencananya akan melibatkan 43 negara, 60 kapal perang, 15 pesawat udara dan helly serta 120 delegasi asing.

Dra. Esthy Reka Astuti, M.Si., menyampaikan detail tentang target yang akan dicapai dalam kegiatan tersebut. Di sisi lain, ia menegaskan bahwa Kementerian Pariwisata bisa menentukan kerja sama dan sinergi dalam mendukung kegiatan Komodo 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Program yang bisa dikolaborasikan diantaranya Halal Food Festival, Khasanah Ramadan, Sadar Wisata, dan Festival Tambora. Untuk lebih memasyarakatkan kegiatan Komodo juga bisa dari kalangan industri wisata sehingga akan ada paket wisata yang melibatkan wisatawan untuk bergabung acara Komodo 2018.

Di akhir acara, Danguspurlatim mewakili TNI Angkatan Laut memberikan cinderamata berupa plakat dan maskot boneka Komodo 2018 kepada Dra. Esthy Reka Astuti, M.Si.

Turut hadir dalam acara sosialisasi ini, Letkol Laut (P) Agustinus Joko, Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno,S.S., Kabid Promosi Wisata Bahari Ibu Florida Pardosi dan Kabid Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Kementrian Pariwisata Ibu Trindiana. M Tikupasang. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO