4 Santri Ponpes Mambaus Sholihin Juarai Osaka Robotic Games 2017

4 Santri Ponpes Mambaus Sholihin Juarai Osaka Robotic Games 2017 Keempat santri dari Ponpes Mambaus Sholihin yang menjuarai Osaka Robotic Games 2017. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Meski berasal dari pelosok desa ternyata bukan halangan bagi empat santri Ponpes Mambaus Sholihin Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar untuk berprestasi di tingkat internasional. Keempatnya berhasil meraih prestasi dalam event Osaka Robotik Games 2017.

Keempat santri itu adalah Noval Hanif, Muhammad Gymnastiar, Farhan Habibi, Bahrul Bahria. Keempatnya merupakan santri kelas 3 SMP. Dua di antara mereka bahkan berasal dari kecamatan Wates dan Panggungrejo yang terletak di Blitar selatan dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Robot hasil Muhamad Gymnastiar meraih dua prestasi sekaligus yakni kategori Sumo Race Champions (RC) dan juara 2 kategori Mazesolving. Sementara Nauval meraih juara 2 kategori Sumo RC dan juara 3 kategori Soccer. Sedangkan Bahrul dan Farhan meraih juara 2 kategori Soccer.

Keempatnya mengaku sudah melakukan persiapan kurang lebih selama empat bulan. Meski event berskala internasional namun mereka mengaku tidak menemui kendala yang berarti. Karena sudah sering mengikuti lomba.

"Alhamdulillah gak ada kendala, karena sebelumnya sudah pernah ikut di Singapura dan Malaysia, tapi kalau ke Jepang baru pertama kali ini," jelas Gymnastiar kepada wartawan, Sabtu (4/11).

Event berlangsung 28 Oktober-2 November 2017. Keempatnya pulang ke Indonesia sehari setelah perlombaan selesai digelar. Kembali ke Blitar empat remaja berprestasi ini disambut Bupati Blitar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO