Kapolres Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra

Kapolres Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kapolres Pasuruan AKBP Raydian saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra 2017. foto: ANDY F/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kepolisian Resor (Polres) Pasuruan, Jawa Timur, menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra di Mapolres Pasuruan, Rabu (01/11) pagi tadi.

Apel gelar pasukan kali ini bukan hanya dari unsur Polri saja. Namun, dari TNI dan Dishub serta Satpol PP Kabupatèn Pasuruan, juga dilibatkan.

Secara simbolis, Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, selaku pimpinan apel, menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan TNI, Polri, Dishubkominfo dan Satpol PP sebagai tanda telah dimulainya operasi.

Amanah dari Kepala Korps Lalu-lintas Polri yang dibacakan oleh Kapolres Pasuruan mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan apel gelar pasukan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa Operasi Zebra 2017 dilaksanakan sebagai cipta kondisi menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan mengedepankan fungsi lalu-lintas yang didukung oleh pemangku kepentingan yang lain sebagai tindak lanjut kebijakan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia yang dijabarkan dalam program Prioritas Kapolri yang disebut Promoter (profesional, modern dan terpercaya).

Pada Operasi Zebra kali ini, Kapolres menjelaskan bahwa ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu-lintas, antara lain pelanggaran rambu-rambu lalu-lintas, pelanggaran batas kecepatan, serta melawan arus khususnya kendaraan roda 2.

“Dengan pelaksanaan Operasi Zebra ini diharapakan akan dapat mendorong terciptanya tujuan operasi antara lain meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas, serta meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas sehingga dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu-lintas,” ungkap Kapolres.

Selain itu, pelaksanaan operasi juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu-lintas sehingga terwujud situasi keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu-lintas (kamseltibcarlantas) menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres memberikan penekanan kepada petugas agar bertindak secara tegas namun tetap humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas.

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan, dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dinas lalu-lintas yang akan digunakan dalam Operasi Zebra Candi 2017 oleh Kapolres dan pejabat utama . (psr4/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO