Gus Ipul: Pulau Bawean siap jadi Bali-nya Jawa Timur

Gus Ipul: Pulau Bawean siap jadi Bali-nya Jawa Timur Wagub Jatim Saifullah Yusuf menjadi Irup Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 di Alun-alun Sangkapura Pulau Bawean. Foto: YUDI/BANGSAONLINE

BAWEAN, BANGSAONLINE.com - Menjaga semangat sumpah pemuda saat ini bukan hal yang mudah. Kemajuan teknologi di satu sisi bisa memperkuat hubungan sosial antar kelompok masyarakat yang beragam. Tapi di sisi lain, bisa juga dengan gampang memecah belah bangsa.

"Pemuda adalah agen perubahan yang harus menjadikan daerah bisa dikenal luas oleh seluruh masyarakat dunia khususnya Indonesia," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat menjadi Inspektur upacara pada Peringatan Sumpah Pemuda sekaligus penutupan Festival Gelar Pesona Budaya dan Parwisata Pulau , di Lapangan Sangkapura-, Kabupaten Gresik, Sabtu (28/10). 

Menurutnya, ujaran kebencian dengan mudah disebar. Berita fitnah dengan mudah pula digunakan sebagai alat pemecah belah. Karena itu, dibutuhkan peran pemuda untuk menjadi garda terdepan bagi kemajuan wilayah. 

"Perkelahian politik, perseteruan ideologi, pertarungan untuk saling mendominasi sudah seharusnya diubah menjadi kesadaran untuk bekerjasama. Persaingan yang diciptakan dalam kesadaran bersama harus melahirkan berbagai inovasi yang bermakna bagi bangsa kita," imbuhnya. 

Gus Ipul sapaan akrabnya menyatakan bahwa Pulau siap jadi Bali-nya Jawa Timur. Alasannya, keindahan alam yang ditawarkan hingga pemandangan yang ada tidak kalah dengan Bali.

Ia menegaskan, sarana penunjang untuk mempromosikan wisata Pulau juga telah direncanakan dengan matang. Lapangan Udara sudah tersedia, penyeberangan menggunakan kapal cepat juga akan ditambah intensitas waktunya. "Tinggal kita menyiapkan SDM atau masyarakat sekitar dalam menyambut kedatangan wisatawan ke Pulau ini," tegasnya. 

Gus Ipul berharap agar wisata alam dapat menjadi potensi ekonomi andalan Jatim. Sektor pariwisata harus digerakkan secara serius karena memiliki Multiplayer Efect luar biasa. "Adanya potensi wisata di Pulau akan mendorong industri kreatif seperti pedagang UMKM, souvenir, kuliner hingga kerajinan khas dari daerah untuk dapat dikenal oleh wisatawan," bebernya.

"Masyarakat harus bersiap. Kami akan membuat kalender wisata di Pulau . Nantinya kami akan mengundang wisatawan untuk melihat dan menikmati keindahan Pulau ini dengan dekat. Saya yakin ke depan, sektor pariwisata bisa jadi faktor penting dalam mendongkrak ekonomi di Jatim, terutama bagi Pulau ," pungkasnya. 

Turut mendampingi Wagub Jatim, Wakil Bupati Gresik Muhammad Qosim, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi dan Anggota DPRD Jawa Timur Toriqul Haq. (ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO