Sabtu, 21 Juli 2018 11:11

Gus Ipul: Pulau Bawean siap jadi Bali-nya Jawa Timur

Senin, 30 Oktober 2017 02:18 WIB
Wartawan: Yudi Arianto
Gus Ipul: Pulau Bawean siap jadi Bali-nya Jawa Timur
Wagub Jatim Saifullah Yusuf menjadi Irup Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 di Alun-alun Sangkapura Pulau Bawean. Foto: YUDI/BANGSAONLINE

BAWEAN, BANGSAONLINE.com - Menjaga semangat sumpah pemuda saat ini bukan hal yang mudah. Kemajuan teknologi di satu sisi bisa memperkuat hubungan sosial antar kelompok masyarakat yang beragam. Tapi di sisi lain, bisa juga dengan gampang memecah belah bangsa.

"Pemuda adalah agen perubahan yang harus menjadikan daerah bisa dikenal luas oleh seluruh masyarakat dunia khususnya Indonesia," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat menjadi Inspektur upacara pada Peringatan Sumpah Pemuda sekaligus penutupan Festival Gelar Pesona Budaya dan Parwisata Pulau Bawean, di Lapangan Sangkapura-Bawean, Kabupaten Gresik, Sabtu (28/10). 

Menurutnya, ujaran kebencian dengan mudah disebar. Berita fitnah dengan mudah pula digunakan sebagai alat pemecah belah. Karena itu, dibutuhkan peran pemuda untuk menjadi garda terdepan bagi kemajuan wilayah. 

"Perkelahian politik, perseteruan ideologi, pertarungan untuk saling mendominasi sudah seharusnya diubah menjadi kesadaran untuk bekerjasama. Persaingan yang diciptakan dalam kesadaran bersama harus melahirkan berbagai inovasi yang bermakna bagi bangsa kita," imbuhnya. 

Gus Ipul sapaan akrabnya menyatakan bahwa Pulau Bawean siap jadi Bali-nya Jawa Timur. Alasannya, keindahan alam yang ditawarkan hingga pemandangan yang ada tidak kalah dengan Bali.

Ia menegaskan, sarana penunjang untuk mempromosikan wisata Pulau Bawean juga telah direncanakan dengan matang. Lapangan Udara sudah tersedia, penyeberangan menggunakan kapal cepat juga akan ditambah intensitas waktunya. "Tinggal kita menyiapkan SDM atau masyarakat sekitar dalam menyambut kedatangan wisatawan ke Pulau Bawean ini," tegasnya. 

Gus Ipul berharap agar wisata alam dapat menjadi potensi ekonomi andalan Jatim. Sektor pariwisata harus digerakkan secara serius karena memiliki Multiplayer Efect luar biasa. "Adanya potensi wisata di Pulau Bawean akan mendorong industri kreatif seperti pedagang UMKM, souvenir, kuliner hingga kerajinan khas dari daerah untuk dapat dikenal oleh wisatawan," bebernya.

"Masyarakat harus bersiap. Kami akan membuat kalender wisata di Pulau Bawean. Nantinya kami akan mengundang wisatawan untuk melihat dan menikmati keindahan Pulau Bawean ini dengan dekat. Saya yakin ke depan, sektor pariwisata bisa jadi faktor penting dalam mendongkrak ekonomi di Jatim, terutama bagi Pulau Bawean," pungkasnya. 

Turut mendampingi Wagub Jatim, Wakil Bupati Gresik Muhammad Qosim, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi dan Anggota DPRD Jawa Timur Toriqul Haq. (ian)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 18 Juli 2018 16:49 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo* KABAR pating semliwer memenuhi angkasa dan terhelat dalam belantara bumi nusantara. Para petinggi dan penglamun kekuasaan sedang merancang skenario untuk dapat bertahan, tidak hendak beringsut, tak rela bergeser, apalagi l...
Selasa, 03 Juli 2018 04:36 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Fa-idzaa jaa-a wa’du uulaahumaa ba’atsnaa ‘alaykum ‘ibaadan lanaa ulii ba'sin syadiidin fajaasuu khilaala alddiyaari wakaana wa’dan maf’uulaan (5).Teks ayat kaji ini jelas sekali, beta...
Sabtu, 21 Juli 2018 10:50 WIB
Assalamualaikum ustaz. Saya mau tanya, saya sudah dilamar bulan Februari lalu. Tapi, sampai bulan Juli ini sya belum dinikahkan juga dengan pria yang melamar saya tersebut. Padahal saya sangat ingin dinikahkan sesegera mungkin setelah khitbah. Pih...
Senin, 16 Juli 2018 20:00 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Kelapa yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terus berbenah. Beberapa fasilitas penunjang di kawasan obyek wisata pantai tersebut dirombak dan ditambah guna meningkatkan day...