Rabu, 02 Desember 2020 13:45

​ Polisi Kejar Penyeru Masuk ISIS, Kapolri Tengarai Buron Teroris

Senin, 04 Agustus 2014 14:58 WIB
Editor: m mas'ud adnan
​  Polisi Kejar Penyeru Masuk ISIS,  Kapolri Tengarai Buron Teroris

Jakarta(bangsaonline)Munculnya video Warga Negara Indoneseia (WNI) di Youtube yang berisi ajakan untuk bergabung dalam Negara Islam Irak dan Suriah atau Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) menjadi perhatian serius dari pihak kepolisian.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengatakan bahwa orang-orang yang menyerukan untuk bergabung dengan ISIS merupakan bagian dari kelompok teroris yang selama ini ada di Indonesia. Kepolisian mencium selama ini, kelompok teror yang tergabung dalam Kelompok Mujahid Indonesia Timur pimpinan Santoso senantiasa melakukan ajakan tersebut.

"Ada upaya mengajak masyarakat Indonesia dari kelompok ISIS ini untuk bergabung dan berjuang dengan ISIS yang ada di sana," kata Sutarman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/8/2014).

Dikatakan dia, orang yang mengaku bernama Abu Muhammad al-Indonesia tersebut merupakan buronan kepolisian. Ia terlibat dalam aksi teror selama ini. "Yang jelas dia adalah kelompok terorisme dan selama ini menjadi DPO kita," ujarnya.

Menurut Sutarman, Kepolisian terus mengikuti seluruh pergerakan teroris. Mereka terus mencari dukungan melalui berbagai cara. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya penegakan hukum kepada orang-orang yang terlibat dalam gerakan terorisme.

"Polri akan terus melakukan upaya-upaya penegakan hukum terhadap siapa pun yang melakukan pelanggaran-pelanggaran, terkait dengan upaya-upaya tindakan apa pun yang melanggar hukum di Indonesia nanti," ungkapnya.

Dalam video Youtube yang diunggah Jihadology pada 22 Juli 2014 tersebut berisi ajakan jihad. Seseorang yang menyebut dirinya Abu Muhammad al-Indonesia meminta supaya warga Indonesia mendukung perjuangan ISIS menjadi khilafah dunia.

Sutarman mengatakan bahwa orang yang ada dalam video berjudul Join the Ranks tersebut berinisial B. "Memang itu buronan kita. Dia bagian dari kelompok terorisme," ungkap Sutarman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, usai melaksanakan acara Halal Bi Halal, Senin (4/8/2014).

Dikatakan mantan Kapolda Metro Jaya ini, orang yang berada dalam video berdurasi delapan menit tersebut sudah menjadi buronan kepolisian satu tahun yang lalu atas kasus terorisme di Indonesia.

Pelaku merupakan bagian dari sel teroris yang selama ini berada di Indonesia. Tetapi Sutarman tidak menjelaskan secara pasti teror apa yang pernah dilakukan orang yang berada dalam video Youtube tersebut.

"Dia termasuk dalam kelompok teroris. Sejak dulu setelah terjadi Bom Bali, kita ikuti terus pergerakan mereka," ucapnya.

Dalam video Youtube yang diunggah Jihadology pada 22 Juli 2014 tersebut bersi ajakan jihad. Seseorang yang menyebut dirinya Abu Muhammad al-Indonesia meminta supaya warga Indonesia mendukung perjuangan ISIS menjadi khilafah dunia.

Sebuah Broadcast BlackBerry Messenger (BBM) berisikan kabar bahwa salah satu Mujahid Suriah asal Indonesia telah gugur syahid, diterima redaksi Shoutussalam.com pada Senin malam (25/11/2013).

Cuma kepolisian apakah sudah mencermati penyeru yang mengaku bernama Abu Muhammad al-Indonesia tersebut. Karena dalam jaringan mereka nama Abu Muhammad al Indunisiy sudah terbunuh dalam aksi kekerasan di Suriah pada pada Nopember tahun 2013. Ia dalam aksi kekerasan di di Ghouta Timur Suriah. Artinya, perlu dicermati, apakah penyeru yang mengaku bernama Abu Muhammad itu orang yang sama atau penerusnya. Atau video itu rekaman lama yang baru diuanggah sekarang.

Sumber: tribunnews.com
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...