Tahu Baxo, Dibikin di Klaten, Dijual di Surabaya

Tahu Baxo, Dibikin di Klaten, Dijual di Surabaya Tampilan tahu baxo . foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketika gigi Anda menggigit sebiji tahu baxo, tahukah bahwa satu tahu itu dan kawan-kawannya telah menempuh jarak 292 km, dari Klaten ke Surabaya, sebelum sampai di mulut Anda?

Memang, jajanan tahu baxo tidak diproduksi di Surabaya, melainkan pusat produksinya ada di Klaten, dan di Surabaya, dan gerai-gerai di beberapa kota lain adalah tempat penjualannya.

Kehadiran tahu baxo ini, telah dirintis sejak 10 tahun silam. Pendirinya adalah Pudji. Awalnya, ia memproduksi tahu ini secara kecil-kecilan di kota asalnya, Klaten. Saat itu, Yuni yang saat ini sudah mengembangkan usaha tahu baxo di Surabaya, memegang divisi marketing.

Hingga akhirnya, racikan bumbu yang disematkan dalam daging sapi di tahu itu bisa diterima oleh lidah kebanyakan, usaha ini kian berkembang. Yuni mengembangkan usaha tahu baxo ini di Surabaya. Hingga akhirnya mempunyai beberapa cabang di penjuru Surabaya.

“Tahu baxo ini diproduksi di Klaten,” jelas Yuni.

Alasannya, kebutuhan akan tahu khusus, dan membutuhkan lahan sangat luar. Setelah proses produksi selesai, ditunggu sampai tahu dingin, barulah dipacking untuk disebar di seluruh cabang, termasuk di Surabaya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO