Satpolair Situbondo Lakukan Penyisiran, Cegah Penyebaran Limbah Medis ke tengah Laut

Satpolair Situbondo Lakukan Penyisiran, Cegah Penyebaran Limbah Medis ke tengah Laut Satpolair saat melakukan penyisiran limbah medis ke tengah laut.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Sat Polair Polres melalukan penyisiran disepanjang pantai untuk mencegah penyebaran ribuan limbah medis berupa jarum suntik yang ditemukan di pesisir pantai Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, beberapa hari lalu.

Tak hanya Sat Polair, Polsek Mangaran juga ikut melakukan penyisiran. Petugas melakukan penyisiran mulai dari pantai Kalbut sampai ke pantai Desa Tanjung Kamal, lokasi ditemukannya ribuan limbah medis tersebut.

Menurut Kasat Polair, AKP Lukman Hadi, selain sudah sangat meresahkan masyarakat, penyisiran dilakukan untuk memastikan bahwa puluhan ribu bekas jarum suntik tersebut tidak sampai menyebar ke tengah laut.

"Kita pastikan limbah medis itu tidak menyebar ke tengah laut, karena membahayakan keselamatan dan kesehatan warga serta semua jenis hewan yang hidupnya tergantung pada air laut," ujarnya.

Ia mengungkapkan, selama 2 jam melakukan penyisiran di sepanjang pantai dengan menggunakan perahu karet, pihaknya tidak menemukan limbah medis yang mengapung di tengah laut.

"Alhamdulilllah, dalam penyisiran yang kita lakukan tidak ditemukan adanya limbah medis. Jadi limbah medis yang dibuang oleh orang yang tak bertanggung jawab itu hanya di pinggiran pantai saja, dan tidak sampai hanyut terbawa ombak ke tengah laut," pungkasnya

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten , memastikan penemuan ribuan limbah medis di pesisir pantai Desa Tanjung Kamal Kecamatan Mangaran tidak terkait dengan limbah medis puskesmas maupun rumah sakit umum yang ada di . Terkait dengan penemuan limbah medis tersebut, pihaknya menyerahkan kepada Polres untuk melakukan penyelidikan, sehingga asal usul limbah medis tersebut segera terungkap. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO