Bermodalkan Akun FB Abal-Abal, Guru Main Tipu-tipu hingga Raup Rp 3,5 M

Bermodalkan Akun FB Abal-Abal, Guru Main Tipu-tipu hingga Raup Rp 3,5 M Kapolres Makota AKBP Dr Hoirudin Hasibuan SH MHum, didampingi Kasat Reskrim Polres Makota AKP Heru Dwi Purnomo bersama tersangka kasus penipuan online, Jumat (08/09).

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Bermodalkan tiga akun facebook abal-abal, yaitu ‘Aneka Bisnis Kota Malang’, ‘Sari Dewi’, serta ‘Tri Atik’, M Syaiful Arif (31) yang berprofesi guru berhasil menipu sekitar 50 orang hingga meraih uang Rp 3,5 miliar.

Warga Jl Simpang Borobudur Utara, Kelurahan Mojolangu Lowokwaru, atau Jl Kolonel Sugiono Kelurahan Mergosono Kedungkandang Kota Malang ini pun akhirnya ditangkap setelah dilaporkan polisi oleh salah satu korbannya.

Adalah Fifilia Kharisma Febrianti (19), ibu rumah tangga, warga Jl Simpang Candi Panggung Lowokwaru Kota Malang. Fifilia inilah yang akhirnya melaporkannya ke pihak Polres Malang Kota. Fifilia sendiri tertipu belasan juta rupiah. Namun, jika ditotal dari seluruh korbannya, Syaiful berhasil meraup Rp 3,5 miliar.

“Alhamdulillah, berhasil membekuk pelakunya pada 27 Agustus 2017 lalu. Dan akhirnya didapatkan keterangan informasi dari pelaku. Syaiful mengaku bekerja tidak sendirian. Ia dibantu seorang laki-laki yang saat ini masih kita kejar. Mereka berdua memanfaatkan akun abal-abal berisikan foto seorang cewek, untuk mengelabui korbannya, plus iming-iming bonus 10 kali lipat dari modal investasi," ungkap AKBP Dr Hoirudin Hasibuan, Kapolres Makota.

Kapolres menjelaskan, modus awal pelaku mengupload status bisnis aneka bidang, dengan profit keuntungan 10 kali lipat dari modal, dalam jangka waktu 1 sampai 3 bulan ke depan. 

"Sesuai pengakuan tersangka, korban dalam berinvestasi bervariatif, ada yang belasan juta, ada juga puluhan juta bahkan sampai ratusan juta. Dari hasil penipuan, kita amankan barang bukti di antaranya Rp 2,8 juta sekian, 1 unit mobil Honda Jazz L 1410 XH, 3 buah HP, 1 unit Laptop dan ada lagi lainnya seperti 4 buku rekening dan lain sebagainya," tandasnya. (iwa/thu/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO