Serapan Anggaran Baru 47 Persen, Pemkab Pasuruan Optimis Target Tercapai

Serapan Anggaran Baru 47 Persen, Pemkab Pasuruan Optimis Target Tercapai Sidang paripurna P-APBD 2017.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf SE, MMA optimis target serapan anggaran APBD 2017 bisa mencapai target, meski hingga akhir Agustus ini baru tercapai 47 persen atau Rp 1,4 triliun dari total pendapatan daerah yang diproyeksikan Rp 3,03 triliun. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf SE,MMA usai sidang paripurna kedua P-APDB di kantor DPRD Raci.

Orang nomor satu di Pemkab Pasuruan ini membantah bila rendahnya serapan anggaran dikarenakan kurang maksimalnya bebebarapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam pengelolaan anggaran. Menurutnya, rendahnya serapan dikarenakan adanya beberapa pekerjaan infrastruktur yang bersumber dari DAK belum dibayarkan oleh Pemkab karena masih proses administrasi.

“Kita optimis serapan anggaran bisa tercapai,kan masih ada sisa waktu sekitar 4 bulan lagi,“ jelas Irsyad Yusuf kepada Bangsaonline.com.

Keterangan yang sama disampaikan oleh Drs Luly Noermandiono M.Si, kepala DPKD (Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah). Ia menuturkan bahwa untuk serapan anggaran saat masih dalam taraf wajar.

"Tiap anggaran kegiatan program yang ada di masing-masing OPD tidak mungkin diserap seratus persen, ada yang kembali lagi ke Kasda. Pasalnya dalam penganggaran kegiatan program pembangunan penganggarannya include PPn dan PPH,” jelasnya.

Adapun belanja daerah tahun 2017 diproyeksikan mencapai Rp 3,3 triliun. Di mana, belanja tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan. Mulai belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja hibah dan berbagai pembelanjaan lainnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO