Tak Bisa BAB, Balita di Kediri Dioperasi 3 Kali

Tak Bisa BAB, Balita di Kediri Dioperasi 3 Kali Wali Kota Abdullah Abu Bakar saat menjenguk Abian di RS Aura Syifa, Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di usianya yang 2,5 tahun, Abian Alvi Pradipta Wasono harus menjalani operasi pemotongan usus dan pembuatan anus hingga tiga kali. Balita asal Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota ini mengalami kelainan bawaanya pada sistem ekskresi atau pembuangan feses atau dalam kedokteran dengan istilah Hirscprung.

Ditemui di Rumah Sakit Aura Syfa , Abi sudah terlihat ceria, meski sesekali menangis. Tetapi tangisannya bukan karena rasa sakit paska operasi, namun takut karena dikerumuni banyak orang. Ya, Kamis (24/8) siang Wali Kota Abdullah Abu Bakar dan rombongan menjenguknya.

"Terima kasih sudah dibantu Bapak Wali Kota . Selama perawatan di rumah sakit ini hingga tiga kali operasi, kami tidak mengeluarkan biaya," ucap Lindati, sang ibu sambil membopong buah hatinya. Raut wajah bahagia juga tampak dari ayahnya Dedi Wasono yang berdiri di sebelah istri dan anaknya.

Lindati berkisah, dua bulan lalu, Abi tiba-tiba demam. Perutnya kembung dan tidak bisa kentut maupun buang air besar. Awalnya mereka hanya mengira masuk angin. Tetapi setelah diolesi minyak angin tidak kunjung sembuh. Akhirnya Lindati dan suaminya memberanikan diri membawa Abi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota . Alangkah terkejutnya Linda. Sebab dari hasil diagnosa medis, Abi divonis mengalami kelainan usus.

Tetapi karena rumah sakit milik Pemkot ini tidak memiliki dokter spesilis bedah anak, akhirnya hanya bisa merujuk pasien ke rumah sakit lain yang lebih memadai. Awalnya, rumah sakit yang direkomendasikan berada di Surabaya, seperti RSUD dr Soetomo. Di tengah kegundahan kedua orang tuanya, mereka bertemu dengan Wali Kota Abdullah Abu Bakar. Akhirnya, Linda disarankan untuk mengurus syarat-syarat memperoleh bantuan biaya pengobatan dari pemerintah.

Dedi dan Linda lantas membawa buah hatinya ke RS Aura Syfa. Pertimbangannya, di rumah sakit swasta yang masih berada di wilayah ini sudah memiliki dokter spesialis bedah anak. Yakni, dokter Bobbi. Menurut mereka, berobat di lebih efisiens ketimbang mereka pergi ke Surabaya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO