Pangarmatim Hadiri Baksos HUT Jalasenastri ke-71 di Rumdis Wonosari Surabaya

Pangarmatim Hadiri Baksos HUT Jalasenastri ke-71 di Rumdis Wonosari Surabaya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri ke-71 yang diperingati setiap tanggal 27 Agustus, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJAT) Ny. Ina Darwanto menghadiri kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang diselenggarakan oleh TNI AL dan Pengurus Pusat (PP) Jalasenastri di Kompleks Rumdis TNI AL RSS Wonosari, Surabaya, Senin (14/08/2017). Baksos ini dibuka resmi oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nenny Gatot Nurmantyo dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi.

Adapun kegiatan bakti sosial program dari TNI AL dan PP Jalasenastri tahun 2017 di antaranya, pengobatan secara gratis dengan menargetkan sebanyak 1.300 pasien, selain itu, kesiapan gelar bakti sosial TNI AL berupa pembangunan fisik, nonfisik yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di kelurahan Bulak Banteng, Kenjeran dan sekitarnya.

Ketua Umum Jalasenastri dalam amanatnya menyampaikan bahwa bakti sosial kali ini merupakan yang kedua yang dilaksanakan setelah bakti sosial di desa pesisir Tambak Lorok Semarang pada tanggal 12 Agustus 2017 yang lalu.

“Melalui bakti sosial ini akan meningkatkan semangat kesatuan dan persatuan yang kokoh serta kepedulian yang besar diantara TNI AL, Jalasenastri dan masyarakat setempat. Insyaallah dengan begitu akan mampu mengatasi permasalahan sosial yang timbul di masyarakat saat ini. Oleh karena itu, melalaui kegiatan sosial di Surabaya merupakan wujud perhatian dan kasih sayang serta kepedulian kami kepada warga kompleks perumahan TNI AL RSS Wonosari dan masyarakat sekitar”, kata Ny. Endah Ade Supandi.

Kegiatan baksos TNI AL dan PP Jalasenastri melibatkan 114 tenaga medis dan para medis, dibantu 39 tenaga medis dari non TNI AL di antaranya dari FKG Unair 6 orang, Dokter Muda FKG UHT 6 orang, FKG UHT 6 orang, Stikes UHT 10 orang, Dokter Gigi Lantamal V 2 orang, Dokter Gigi Lantamal V 2 orang, Dokter Umum dari Koarmatim 3 orang, Dokter Umum dari Mabesal 1 orang. Sedangkan dokter spesialis yang diturunkan di antaranya penyakit dalam, mata, bedah, urologi dan obgyn.

Untuk pelayanan kesehatan yang dilaksanakan, yaitu pengobatan umum sebanyak 577 orang, khitan massal 67 orang, bedah minor 30 orang, KB 57 orang, pemeriksaan laboratorium 150 orang, donor darah 535 orang, demo sikat gigi dan cuci tangan 575 orang, pemeriksaan refraksi 119 orang, pelayanan kesehatan gigi umum 96 orang, pemeriksaan telinga dan pengobatan akupuntur dan massage 150 orang.

Selain itu, dalam kegiatan baksos kali ini diserahkan sebanyak bingkisan anak yatim untuk 750 orang, kursi roda 20 orang, alat bantu dengar 20 orang, sembako 825 orang, bahan kontak sekolah seperti kipas angin 50 buah, buku-buku tentang TNI AL 575 buah, sikat dan pasta gigi 575 buah, penyaluran sanduk 106 orang dan penyaluran watzah 267 orang.

Turut hadir dalam acara ini, Pangkolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P., Aspotmar Kasal Brigjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, Danlantamal V Laksma TNI Edi Sucipto, S.E., beserta Istri, Kadispotmar TNI AL Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya,Kadiskesal Laksma TNI drg. R.A Nora Lelyana,MH.Kes., Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana beserta pengurus, Ketua Umum Pia Ardhya Garini pengurus dan undangan lainnya. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO