Jumat, 21 Februari 2020 15:09

DPRD Jatim Minta TPS Keliling di Rumah Sakit Dihidupkan Lagi

Selasa, 08 Agustus 2017 23:20 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
DPRD Jatim Minta TPS Keliling di Rumah Sakit Dihidupkan Lagi
Anggota Komisi A DPRD Jatim, Benjamin Kristianto.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penyelenggara pemilu harus memberikan kesempatan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, baik dalam pilkada maupun pemilu dan pilpres. Karena itu, kesempatan untuk menyalurkan aspirasi harus dibuka seluas-luasnya, termasuk kepada pasien rumah sakit yang menjalani perawatan.

Karena itu, anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, Benjamin Kristianto berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu menghidupkan kembali keberadaan tempat tempat pemungutan suara (TPS) keliling di semua rumah sakit di Jatim saat pilkada serentak 2018 mendatang.

“Saya berharap TPS keliling kembali diaktifkan pada pilkada nanti. Hal itu penting untuk memberi kesempatan pasien menggunakan suara sekaligus menekan angka golput,” tegas politisi yang akrab disapa Dokter Benny itu, Selasa (8/8).

Politisi asal Partai Gerindra ini mengakui selama ini memang KPU selaku penyelenggara pemilu sudah mendirikan TPS di halaman rumah sakit. Namun, untuk mencapai TPS tersebut menjadi kendala bagi pasien yang tak bisa menuju ke TPS tersebut. Karena itu, pihaknya berharap ada petugas TPS yang keliling ke setiap kamar pasien agar bisa memberi kesempatan pasien menggunakan hak pilihnya.

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung ini menyayangkan keputusan KPU yang meniadakan TPS keliling. Padahal keberadaan TPS keliling tersebut pernah ada beberapa tahun lalu saat pileg dan pilgub Jatim.

“Dalam hearing komisi A DPRD Jatim dengan KPU Jatim yang akan datang, akan saya lontarkan kembali usulan untuk menghidupkan TPS keliling ini,” ujar Benny.

Sebelumnya, di saat menerima Komnas HAM, Wagub Jatim akan mengusulkan adanya TPS di rumah sakit maupun di rumah sakit jiwa (RSJ). Tujuannya adalah terpenuhinya hak memilih bagi semua masyarakat yang memiliki hak suara.

Apabila dikumpulkan, suara yang ada di rumah sakit sangat besar. Sebagai contoh di RSUD Dr. Soetomo, yang sanggup menampung 1000 pasien lebih. Bagi masyarakat yang dirawat di rumah sakit maupun Puskesmas, akan dilayani oleh TPS terdekat. Selain itu, untuk para tahanan dan narapidana yang masih mempunyai hak pilih di Rutan dan di LP, KPU menyediakan TPS reguler. (mdr)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...