Sabtu, 21 September 2019 21:16

DPRD Jatim Minta TPS Keliling di Rumah Sakit Dihidupkan Lagi

Selasa, 08 Agustus 2017 23:20 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
DPRD Jatim Minta TPS Keliling di Rumah Sakit Dihidupkan Lagi
Anggota Komisi A DPRD Jatim, Benjamin Kristianto.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penyelenggara pemilu harus memberikan kesempatan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, baik dalam pilkada maupun pemilu dan pilpres. Karena itu, kesempatan untuk menyalurkan aspirasi harus dibuka seluas-luasnya, termasuk kepada pasien rumah sakit yang menjalani perawatan.

Karena itu, anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, Benjamin Kristianto berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu menghidupkan kembali keberadaan tempat tempat pemungutan suara (TPS) keliling di semua rumah sakit di Jatim saat pilkada serentak 2018 mendatang.

“Saya berharap TPS keliling kembali diaktifkan pada pilkada nanti. Hal itu penting untuk memberi kesempatan pasien menggunakan suara sekaligus menekan angka golput,” tegas politisi yang akrab disapa Dokter Benny itu, Selasa (8/8).

Politisi asal Partai Gerindra ini mengakui selama ini memang KPU selaku penyelenggara pemilu sudah mendirikan TPS di halaman rumah sakit. Namun, untuk mencapai TPS tersebut menjadi kendala bagi pasien yang tak bisa menuju ke TPS tersebut. Karena itu, pihaknya berharap ada petugas TPS yang keliling ke setiap kamar pasien agar bisa memberi kesempatan pasien menggunakan hak pilihnya.

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung ini menyayangkan keputusan KPU yang meniadakan TPS keliling. Padahal keberadaan TPS keliling tersebut pernah ada beberapa tahun lalu saat pileg dan pilgub Jatim.

“Dalam hearing komisi A DPRD Jatim dengan KPU Jatim yang akan datang, akan saya lontarkan kembali usulan untuk menghidupkan TPS keliling ini,” ujar Benny.

Sebelumnya, di saat menerima Komnas HAM, Wagub Jatim akan mengusulkan adanya TPS di rumah sakit maupun di rumah sakit jiwa (RSJ). Tujuannya adalah terpenuhinya hak memilih bagi semua masyarakat yang memiliki hak suara.

Apabila dikumpulkan, suara yang ada di rumah sakit sangat besar. Sebagai contoh di RSUD Dr. Soetomo, yang sanggup menampung 1000 pasien lebih. Bagi masyarakat yang dirawat di rumah sakit maupun Puskesmas, akan dilayani oleh TPS terdekat. Selain itu, untuk para tahanan dan narapidana yang masih mempunyai hak pilih di Rutan dan di LP, KPU menyediakan TPS reguler. (mdr)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Sabtu, 21 September 2019 15:30 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...