Peminat Membeludak, Bupati Sidoarjo Minta Bus Mudik Gratis Tahun Depan Ditambah

Peminat Membeludak, Bupati Sidoarjo Minta Bus Mudik Gratis Tahun Depan Ditambah BERANGKAT: Bupati H Saiful Ilah melepas rombongan bus mudik gratis, Jumat (23/6). foto: mustain/ bangsaonline

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Mudik Gratis yang digelar Pemkab Sidoarjo tahun ini banjir peminat. Sejumlah warga terpaksa tidak bisa mengikuti program ini karena kuotanya 1.375 sudah terisi. Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah pun meminta agar tahun depan bisa untuk mudik gratis ditambah.

Kata Bupati Saiful Ilah, peminat mudik gratis tahun ini sangat banyak. Semua bus terisi penuh. Tidak ada tempat duduk yang kosong. Bahkan tahun ini banyak pemudik yang tidak dapat mendaftar menjadi peserta mudik gratis, lantaran kuota sudah terpenuhi.

Pemkab Sidoarjo hanya menyediakan 25 bus dengan total penumpang 1.375 orang. Puluhan bus ini akan mengantar pemudik diantaranya ke Banyuwangi, Ponorogo, Magetan, Jember, Trenggalek, Blitar, dan Bojonegoro.

Hal tersebut berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu Pemkab Sidoarjo juga menyediakan 25 bus namun pesertanya tidak penuh. “Tahun lalu pemerintah juga menyediakan 25 bus tapi ada yang kosong, penumpangnya sekitar seribuan tapi sekarang semua bis penuh,” ucap Bupati saat melepas rombongan bus Mudik Gratis, di halaman Pendopo Delta Wibawa, Jumat (23/6).

Untuk itu Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah meminta tahun depan ada penambahan bus. Ia meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo untuk mengakomodir semua peserta untuk menentukan berapa bus yang akan digunakan untuk mudik gratis tahun depan.

Pasalnya mudik gratis ini adalah bagian dari meningkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat Sidoarjo. "Mudik gratis ini diperuntukkan kepada seluruh masyarakat Sidoarjo tanpa terkecuali," tandas Abah Saiful, panggilan karib H Saiful Ilah.

Pelepasan rombongan Mudik Gratis ini juga dihadiri Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Fadli Mulyono serta Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sidoarjo, M Franki Effendi.

Kepala Dishub Sidoarjo Asrofi menambahkan, mudik gratis seperti ini untuk meminimalisir penggunaan kendaraan, khususnya roda dua. Dengan begitu akan mengurangi kemacetan serta kecelakaan lalu lintas.

Nantinya, tambah dia, Pemprov Jawa Timur menyediakan angkutan balik lebaran. Peserta mudik dapat memanfaatkan bus yang disediakan di daerah tujuan masing-masing pemudik. Dishub Jawa Timur menyediakan 150 lebih bus untuk mengangkut balik pemudik di seluruh Jawa Timur. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO