Dirikan Pos Penyekatan Berkonsep Digital, Satlantas Polresta Sidoarjo Diganjar Penghargaan

Dirikan Pos Penyekatan Berkonsep Digital, Satlantas Polresta Sidoarjo Diganjar Penghargaan Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim memberikan penghargaan kepada Satlantas Polresta Sidoarjo dalam hal Pos Penyekatan Mudik Lebaran 2021. (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim memberikan penghargaan kepada Satlantas dalam hal Pos Penyekatan Mudik Lebaran 2021. Posko penyekatan berkonsep digital ini, selain dilengkapi dengan tactical wall game juga dilengkapi data perkembangan Covid-19.

Penghargaan terbaik se-Jawa Timur ini diserahkan langsung oleh Wadirlantas Polda Jatim AKBP Didit B. Wibowo kepada Kasatlantas Kompol Wikha Ardilestanto, saat FGD (Forum Group Discussion) kerja sama lintas sektoral di Hotel Whyndam Surabaya.

AKBP Didit B. Wibowo mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi kerja sama antar-stakeholder dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcarlantas).

"Kami sampaikan selamat buat para penerima penghargaan. Pos penyekatan ini bukan hanya peran kasat lantas, melainkan stakeholder lain. Seperti dishub, PU, Pol PP, dinkes, dan lainnya," jelas Didit, Senin (28/6/2021).

Menurutnya, Program Road Safety Partnership Action (RSPA) memerlukan peran aktif dari seluruh pihak, sehingga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcarlantas). Begitu pun jika terjadi kerusakan struktur jalan, agar dikoordinasikan dengan instansi terkait.

Sementara itu, Kasatlantas Kompol Wikha Ardilestanto mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh anggota satlantas yang mana mampu bekerja sama dalam mengamankan mudik lebaran 2021.

Menurutnya, posko penyekatan mudik lebaran tahun 2021, sengaja mengambil konsep digital. Selain memudahkan, juga memanfaatkan teknologi yang ada dalam merealisasikan program.

"Di pos sudah dilengkapi CCTV terutama di jalur-jalur utama, sehingga memudahkan dalam pemantauan saat penyekatan mudik lebaran 2021," jelas Kompol Wikha.

Tak hanya itu, dalam pendirian posko ini juga dilengkapi dengan tactical wall game. Di mana berisi simulasi cara bertindak penyekatan, sehingga sangat efektif dan tidak menimbulkan kerumunan.

Selain itu, pada perkembangannya, Satlantas juga melengkapi posko penyekatan mudik lebaran 2021 dengan data perkembangan Covid-19, sehingga posko tersebut bisa dijadikan pusat analisis dan evaluasi data terkait perkembangan Covid-19 di Sidoarjo. (cat/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO