Tak Beri THR Karyawan, Perusahaan Terancam Sanksi

Tak Beri THR Karyawan, Perusahaan Terancam Sanksi

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Perusahaan yang tidak memberi Tunjangan Hari Raya () pada karyawannya akan terancam sanksi denda dan diumumkan di media massa sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomer 6 tahun 2016. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa pengusaha yang terlambat membayar akan dikenakan sanksi denda sebesar 5 persen dari total nilai . Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan, Muhammad Kamil.

"Jika ada perusahaan tidak membayar sesuai ketentuan maka akan dilakukan pengumuman melalui media massa,” kata Muhammad Kamil, kemarin.

Sebagai upaya sosialisasi terkait tersebut, Kamil mengatakan pihaknya telah memberi edaran ke seluruh perusahaan yang berada di wilayah Lamongan.

“Kita sudah memberikan surat edaran ke perusahaan-perusahaan. Surat edaran tersebut dari Gubernur Jawa Timur. Di antaranya berisi harus diberikan selambat-lambatnya tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri,” kata Kamil.

Dalam edaran tersebut, lanjut Kamil, juga dijelaskan besaran terbagi menjadi dua bagian. Pertama bagi pekerja yang massa kerjanya sudah satu tahun atau lebih, maka besaran -nya sama dengan jumlah upah selama satu bulan.

Sedangkan untuk pekerja yang masa kerjanya kurang dari satu tahun, maka besaran diberikan secara proporsional sesuai dengan masa kerja, yaitu dengan perhitungan masa kerja dibagi dua belas kemudian dikalikan dengan jumlah upah dalam satu bulan. 

“Namun kalau perusahaan sudah menetapkan besaran nilai dalam perjanjian kerja dengan nilai lebih besar dari yang sudah ditentukan, maka perusahaan tersebut wajib membayar sesuai dengan perjanjian tersebut,” terang Kamil.

Sebagai upaya antisipasi munculnya keluhan dan gejolak dalam pelaksanaan , maka akan dibentuk Posko Pengaduan . “Kita berharap karyawan yang menemui masalah terkait diharap mengadukan ke Posko Pengaduan yang ada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan Jalan Jaksa Agung Suprapto Lamongan” Jelas Kamil. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO